Ambon, 26/5 (Antara Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan seluruh prajurit TNI Kodam Pattimura harus profesional, taat hukum dan taat aturan.

"Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas harus profesional dan sesuai dengan norma-norma hukum dan aturan yang berlaku," katanya pada Apel Jam Pimpinan di Lapangan Tennis Indoor Tapal Kuda, Kota Ambon, Jumat.

Pangdam juga meminta seluruh prajurit untuk terus berlatih mengasah kemampuan menembak, berlari dan berenang, karena suatu saat akan ditugaskan di daerah yang menuntut kemampuan tinggi dalam mengatasi berbagai persoalan dan situasi.

"Saya juga minta prajurit dan PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura untuk tanggap, peduli dan peka terhadap lingkungan di sekitar, mengingat cuaca di Maluku khususnya di Kota Ambon saat ini curah hujan cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor," katanya.

Pangdam Doni mengakui kondisi di Maluku dan Maluku Utara sudah lebih aman dan nyaman, hal itu berkat kerja keras seluruh prajurit bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

"Setiap ada peristiwa, kita melakukan tindakan secara persuasif dan melakukan pendekatan komunikasi sosial, sehingga daerah ini terhindar dari kelompok terorisme/radikalisme," ujarnya.

"Saya juga berterima kasih dan bangga kepada seluruh prajurit yang berprestasi dengan meraih juara pada Ton Tangkas, karena bisa menjaga fisik sehingga kuat dan tangguh," tambahnya.


Mengenali ular berbisa

Apel Jam Pimpinan juga diisi sosialisasi tentang berbagai jenis ular berbisa serta bagaimana cara mengahadapi dan menanggulanginya.

Sosialiasi itu dibawakan oleh Mayor Inf Mustofa dari Pusdik Passus.

Selain itu, juga penampilan pelari Ultra Marathon, Matheos Berhitu asal Kota Ambon, yang diminta memberikan motivasi kepada para prajurit soal disiplin dan kepercayaan diri.

Matheos adalah juara lomba lari Lintas Alam Sumbawa 320 kilometer.

"Saya berpesan kepada seluruh prajurit agar disiplin dalam berlatih sehingga menjadi prajurit yang kuat, tangguh dan profesional," katanya.

Usai apel, Pangdam Doni memberikan piagam penghargaan kepada prajurit berprestasi.

Apel Jam Pimpinan juga dihadiri Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Khristian K Tehuteru, para Asisten, Pa Ahli, para Kabalak dan para Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017