Ternate, 31/5 (Antara Maluku) - PT PLN (Persero) Rayon Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) menyebutkan pemadaman listrik di Kota Tobelo dalam beberapa hari terakhir karena adanya kerusakan jaringan listrik.

"Akibat kerusakan jaringan listrik mengakibatkan terjadinya masalah teknis, sehingga PT PLN Rayon Tobelo juga tidak mengumumkan rencana dan jadwal pemadaman listrik," kata Manager PLN Rayon Tobelo, Amran Ali dihubungi dari Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi dua hari ini disebabkan kerusakan jaringan listrik karena ada pergantian panel jurusan Kota.

"Panelnya sudah tua dan kritis dan di dalam tabung ada gas sehingga antisipasi jangan sampai gas habis maka kami ganti yang baru," kata Amran Ali.

Menurutnya, pada saat dilakukan pergantian panel, ternyata ada masalah baru karena kabel yang seharusnya disambung ke panel tidak cukup, sehingga terpaksa terjadi pemadaman listrik.

Selain itu, kata Amran ada juga permasalah di "setting relay" yang masih dicari penyebabnya, sebab ketika beban naik, tiba-tiba listrik padam.

"Kami sudah koordinasikan dengan kantor wilayah, nanti pabrikan yang datang melakukan settingan karena sistemnya sudah otomatis," katanya.

Dia mengatakan, terjadi pemadaman listrik karena salah satu pohon kelapa di desa Ruko kecamatan Tobelo Utara ada yang tumbang dan pihak PLN sementara minta pertanggungjawaban pemilik kelapa.

"Kami sudah minta pohon kelapa dipotong namun pemilik tidak bersedia. Untuk itu, kami berupaya agar mengantisipasi pemadaman listrik maka dialihkan jalur jaringan ke kota agar pemadaman listrik bisa teratasi," katanya.

Bahkan, di Kota Tobelo sendiri ada enam jalur, kalau sudah di setting maka tidak lagi terjadi pemadaman. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017