Ambon, 5/6 (Antara Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan jajarannya menggelar acara Buka Puasa Bersama TNI-POLRI dengan Muspida Maluku dan Masyarakat, bertempat di Lapangan Indoor Kediaman Pangdam di kawasan Tapal Kuda, Kota Ambon, Sabtu.

Siaran pers Dispendam Pattimura yang diterima Antara, Minggu menyatakan kegiatan tersebut mengusung tema "Memaknai Puasa sebagai Media Kalesang diri untuk Bangun Maluku yang Rukun, Damai, Sejahtera dan Berkeadaban".

Selain unsur TNI-Polri dan Muspida, sejumlah warga masyarakat serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat juga ikut diundang guna mempererat silaturahmi dan sinergitas TNI-Polri dengan masyarakat.

Disebutkan, acara buka bersama itu merupakan kegiatan yang lumrah digelar selama bulan suci Ramadhan, tidak hanya di dalam tetapi juga di luar lingkungan Kodam XVI/Pattimura, dan diharapkan akan menciptakan situasi yang kondusif dan kekeluargaan.

Acara dihadiri seluruh pejabat Kodam Pattimura, Polda Maluku, Muspida Maluku, Raja sekota Ambon, Anak-anak panti asuhan yang berjumlah 100 orang (Panti Asuhan Muslim, Kristen Protestan dan Katholik), Masyarakat Tawiri, Rumah Tiga, Kudamati dan anggota TNI-Polri yang berjumlah kurang lebih 1.500 orang.

Menurut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, kerukunan yang saat ini tercipta merupakan hasil kerja sama semua pihak tokoh agama, tokoh adat dan semua instansi baik Tni-Polri juga kesadaran masyarakat yang sudah mulai membaik.

Hal itu dibuktikan dengan masuknya kota Ambon dan kota Tual dalam 10 besar kota tertoleransi di indonesia.

Lebih lanjut Pangdam menekankan, terkait dengan program emas hijau dan emas biru, semua pihak diimbau untuk bersama-sama melindungi ekosistem yang ada Maluku dengan cara yang sederhana namun besar dampaknya.

Caranya, tidak membuang sampah ke laut, dan melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing,

"Maluku merupakan daerah yang memiliki beragam tanaman yang belum tentu ada di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan suatu kebanggan tersendiri untuk masyarakat provinsi ini," katanya.

Kapolda Maluku Irjen (Pol) Deden Juhara, yang juga menggagas buka puasa bersama ini, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura beserta jajaran khususnya Pangdam Karena telah diundang menghadiri kegiatan ini.

Kapolda mengaku tertarik dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu Memaknai Puasa Sebagai Media Kalesang diri untuk bangun Maluku Yang Rukun, Damai, Sejahtera, dan Berkeadaban.

"Tanpa keamanan, Maluku tidak ada artinya. Untuk itu, kami mengajak seluruh anggota TNI dan Polri, Muspida Maluku dan semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, menjaga kerukunan demi terciptanya kesejahteraan," katanya.

"Apabila Maluku aman, maka investor dan pengusaha akan banyak masuk ke Maluku sehingga banyak menciptakan lapangan pekerjaan," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff menuturkan, hari ini masyarakat Maluku telah memasuki puasa hari yg ke-8 dalam keadaan aman, Hal ini tidak pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Semua ini hasil kerja keras TNI, Polri serta tokoh agama, sehingga terwujud keamanan di Maluku," katanya.

Lebih Lanjut Gubernur Maluku memberikan apresiasi kepada Pangdam dan Kapolda Maluku beserta seluruh jajarannya yang sudah bekerja keras membantu menjaga keamanan Provinsi Maluku.

"Saat ini Maluku berada di tingkat paling teratas untuk tingkat kebahagiaan. Sayaberharap kondisi situasi yang aman Seperti saat ini selalu bisa kita jaga bersama," ujarnya.

Acara dimeriahkan penampilan Dai Cilik Ziat Firmansyah yang memberikan Tausiah(ceramah) seputar kemanunggalan TNI-Rakyat.

Menurutnya, dengan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Indonesia bisa meraih kemerdekaan.Sejatinya TNI berasal dari dan untuk rakyat. TNI merupakan anak kandung dari rakyat. "Bersama rakyat TNI kuat, Hebat dan Profesional" katanya.

Dai Cilik ini juga berpesan agar semua warga masyarakat bersama-sama menjaga keamanan antarumat beragama dengan cara "jang biking 4M, mabok, melotot, marah, memukul) tapi biking 4S yaitu senyum, salam, sapa dan silaturahmi".

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada anggota Polda Maluku, Pemberian santunan oleh Pangdam kepada anak-anak panti asuhan, veteran, warakawuri, dan sholat Isya yang dilanjutkan sholat Tarweh berjamaah.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017