Ambon, 12/6 (Antara Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo meminta masyarakat Pelauw, Haruku, Maluku Tengah untuk menjaga hubugan silaturahmi dan toleransi antarsesama dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.

Siaran pers Dinas Penerangan Kodam Pattimura yang diterima Antara, Senin, menyatakan Pangdam menyampaikan hal tersebut saat memberi sambutan dalam acara Buka Puasa Bersama dan Silaturahmi Ikatan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa Pelauw (IPPMAP), di Aula Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Tantui, Kota Ambon, Minggu.

Turut hadir dalam kegiatan itu Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Suwandono, Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kol Inf Helmi Tcheyadi S, Asintel Danlantamal IX Ambon Kol Mar Said Latuconsina.

Selain itu, para pejabat Kodam XVI/Pattimura, Lanud Pattimura, Kepala Pelabuhan PPN Tantui Ambon Alie Abdoel Cholieq Syahid, pimpinan DPP IPPMAP, dan Raja Pelauw R.E. Latuconsina.

Pangdam Doni dalam sambutannya mengatakan, para pemuda Pelauw juga harus menjadi pelopor perdamaian, jangan sampai ada dendam dengan masyarakat lainnya.

"Ciptakan pemuda-pemuda Pelauw yang tangguh dan cerdas untuk menyongsong kehidupan ke depan yang semakin banyak tantangan. Mari kita sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Raja Pelauw R.E. Latuconsina menyatakan kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi itu baru pertama kali dihadiri oleh pimpinan TNI/POLRI, karena biasanya hanya internal IPPMAP saja.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Pangdam Pattimura, yang selama ini sudah empat kali mengadakan pertemuan dengan masyarakat Pelauw. Kami juga berharap kepada seluruh jajaran TNI/POLRI untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Maluku dari kelompok-kelompok radikal dan terorisme yang ingin mengacaukan daerah ini," katanya.

Usai buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan pernyataan sikap IPPMAP Menolak Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Maluku.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017