Ternate, 19/6 (Antara Maluku ) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), intensif menyalurkan bantuannya kepada warga terdampak bencana banjir di kecamatan Oba Tengah dan Oba.

Bantuan yang diberikan tersebut, berupa 1000 dos mie instans beserta aqua dan makanan,? kata Wali Kota Tidore Kepulauan, Hi Ali Ibrahim dihubungi dari Ternate, Senin.

Sebelum memberikan bantuan, walikota Tidore beserta rombongan, melakukan kunjungan ke setiap desa terdampak banjir, guna melakukan dialog bersama warga terkait penyebab banjir paska hujan lebat yang melanda Kota Tidore dan sekitarnya pada 17 Juni 2017 lalu.

Bahkan Walikota berjanji akan segera menindaklanjuti permintaan warga dan secepatnya ditindaklanjuti dalam waktu dekat.

"Saya minta kepada semua warga yang kena banjir agar berikan kami waktu. Nanti setelah dari sini, kami bentuk tim dan sekitar dua hari mendatang dan timnya turun ke lokasi terdampak, kemudian dilakukan pendataan," katanya.

Sehingga, untuk sementara pemerintah kota memberikan bantuan yang utama berupa air bersih dan mie instan.

Ali Ibrahim berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat membantu mereka para warga terdampak banjir dengan memenuhi kebutuhan utama mereka.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Ali Ibrahim juga menanyakan kondisi kesehatan warga terdampak banjir, namun oleh warga terdampak, kesehatan mereka masih dalam kondisi baik.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Jumat hingga sabtu (17/6) mengakibatkan air di sejumlah kali meluap dan meredam ratusan rumah warga.

Sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir terlihat panik dan mengamankan diri ke tempat yang lebih aman, namun demikian tidak ada korban jiwa atas bencana banjir tersebut.

Air meluap saat hujan, airnya hampir satu meter, banjir langsung membawa ternak, hasil bumi terutama buah kelapa, penyebabnya adalah normalisasi kali laka yang hingga saat ini belum kunjung selesai.

Sedangkan, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tikep banjir merendam diantaranya 683 rumah warga di dua kecamatan yakni kecamatan Oba dan Oba Tengah, diantaranya Desa Yehu 70 rumah, Desa Lola 28 rumah, Desa Tului Talagamori 103 rumah.

Untuk Kecamatan Oba Desa Bale 65 rumah, Desa Trans Koli 186 rumah, Desa Kosa 122 rumah, Trans Kosa 94 rumah, Payahe 15 rumah. ***4***



(T.KR-AF/B/N005/N005) 19-06-2017 23:25:26

Pewarta: Abul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017