Tual, 21/6 (Antara Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tual pada Rabu menggelar bazaar ikan dengan harga jauh di bawah pasar bagi masyarakat di daerah itu.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Tempat Pemasaran Ikan (P2TPI), Muhammad Faqih Nashuha Roemaf menyatakan, melihat lonjakan cukup tinggi pada harga ikan di pasar, maka DKP Kota Tual menggelar kegiatan tersebut untuk meringankan beban masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah, saat menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Bazaar ikan murah dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkot Tual, dan ini yang ketiga kalinya," katanya.

Ia menjelaskan teknis pelaksanaan bazaar ikan murah itu yakni sehari sebelum pelaksanaan DKP Kota Tual membagikan 300 kupon bagi masyarakat. Kupon itu digunakan untuk membeli ikan di tempat pelaksanaan bazaar yang disediakan, masing-masing di perempatan PPN Dumar dan di sekitar lokasi Jembatan Usdek Kota Tual.

Di lokasi bazaar, ikan dijual seharga Rp.5.000-Rp.7.000 per tumpuk, jauh di bawah harga pasar yang beberapa hari terakhir ini mencapai Rp25.000 per tumpuk.

"Masyarakat yang tidak mendapatkan kupon juga bisa membeli dengan harga yang sama," Faqih Nashuba.

Menurut dia, stok ikan yang disediakan di bazaar mencapai 1 ton dengan jenis berbeda-beda. Ikan-ikan itu dipasok oleh Koperasi Cakalang Indah, yang membeli langsung dari nelayan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

"Kami bekerja sama dengan Koperasi Cakalang Indah milik Upang Borut, yang selama ini membeli hasil nelayan Tual dan Malra," katanya.

Faqih Nashuba menambahkan, bazaar ikan murah merupakan kepedulian DKP Kota Tual yang ingin berbagi kasih dengan masyarakat di daerah itu pada bulan suci Ramadhan.

Ia menegaskan pula bahwa kualitas ikan yang dijual di bazaar itu tidak perlu dirugakan, karena higienis dan masih segar.

Pantauan Antara, bazaar ikan murah di dua lokasi itu dibuka pagi sekira pukul 9.00 WIT, dan langsung diserbu masyarakat.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017