Ambon, 22/6 (Antara Maluku) - PT PLN (Persero) wilayah Maluku dan Maluku Utara (M2U) menjamin pasokan listrik di area Ambon aman menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami berupaya menyiapkan pasokan listrik, mengantisipasi gangguan jaringan menjelang perayaan hari keagamaan agar masyarakat tidak resah soal gangguan pemadaman," kata Manager area Ambon, Huslan Husain, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, kondisi listrik di Maluku khususnya kota Ambon dalam tahapan aman. Kondisi pembangkit saat ini sebesar 60 MW, sedangkan daya beban puncak 52 mega.

"Kondisi ini berarti ada surplus delapan MW untuk pasokan dari kapal listrik, sedangkan untuk mesin pembangkit yakni PLTD poka surplus sekitar 12 mega, ditambah dengan pembangkit di hative dan wika. Jadi secara pembangkit aman," ujarnya.

PLN tetap berupaya, tetapi bukan berarti pihaknya menjamin 100 persen tidak terjadi gangguan, karena gangguan tidak hanya bersumber dari pembangkit tetapi juga gangguan alam.

Menjelang hari raya Idul Fitri pihaknya menyiapkan 48 personil di lima rayon, jika terjadi gangguan personil di lima rayon siaga 24 jam untuk melakukan perbaikan gangguan.

"Dengan gerak cepat kami segera melakukan recovery seandainya terjadi gangguan listrik di daerah tertentu.
Personil yang disiapkan menghadapi idul fitri sekitar 48 personel di lima rayon, kemudian sekitar 14 armada di PLN area Ambon sudah siap," tandasnya.

Huslan menjelaskan, pihaknya juga akan menyiapkan penambahan mesin genset untuk menjamin pasokan listrik, jika terjadi gangguan.

Genset akan disiapkan di Masjid Raya Al-fatah, sedangkan Masjid lainnya di pulau Ambon menyiagakan petugas karena keterbatasan genset yang dimiliki.

"Mesin genset yang disiapkan tidak dalam jumlah yang besar, tetapi dipastikan dapat membantu masyarakat jika diperlukan pemasangan di rumah ibadah maupun fasilitas umum lainnya," katanya.

Pengadaan mesin akan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Jika terjadi kendala, maka tim akan melakukan pemeriksaan jaringan serta sistem.

"Kami memastikan kondisi listrik di Maluku, khususnya kota Ambon aman menjelang perayaan Idul Fitri karena selain menyiapkan mesin genset juga didukung petugas yang siap mendatangi lokasi jika terjadi gangguan," tandas Huslan.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017