Ambon, 25/6 (Antara Maluku) - Direktur Maluku City Mall (MCM) Harianto mengapresiasi peran aparat keamanan TNI dan Polri dalam menjaga dan menciptakan keamanan di daerah ini, khususnya di Kota Ambon.

"Saya sangat mengapresiasi peran aparat keamanan TNI dan Polri yang menjaga daerah ini menjadi lebih aman dan kondusif, sehingga pergerakan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan yang sangat luar biasa, "kata Harianto, di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan hal itu disela-sela acara Open House Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo bersama jajarannya, yang digelar di Lapangan Indoor, Tapal Kuda, Kota Ambon.

Haryanto mengungkapkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat yang mengunjungi MCM untuk berbelanja mencapai 100.000 orang. Situasi tersebut sangat ramai, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ratusan ribu masyarakat mengunjungi MCM untuk berbelanja, baik masyarakat di kota Ambon dan sekitarnya, maupun masyarakat dari wilayah lain di Maluku. Ini karena faktor keamanan yang sangat kondusif, ini sangat luar biasa," ujarnya.

Menurut dia, faktor keamanan yang membuat masyarakat di daerah ini giat bekerja, baik yang profesi sebagai pedagang di pasar, buruh, petani dan nelayan.

"Petani mengalami peningkatan hasil panen, nelayan yang menangkap ikan di laut pun mengalami peningkatan pada hasil penjualan. Mereka tidak ada perasaan takut dalam melakukan aktivitas, karena keamanan di daerah ini terjaga dengan baik oleh aparat keamanan, baik di laut maupun di darat," kata Harianto.

Ia mengakui kondusifnya daerah ini tidak terlepas peran pimpinan aparat keamanan dalam hal ini Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Kapolda Maluku Irjen Deden Juhara.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pangdam dan Kapolda, karena keamanan di daerah ini sangat kondusif, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat berjalan dengan baik. Isu-isu konflik dengan cepat dapat diatasi, ini sangat luar biasa," katanya.

Menyinggung program emas biru dan emas hijau yang digagas Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, ia menyatakan program tersebut sangat luar biasa dan perlu didukung karena berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini.

"Saya sangat salut, Pak Pangdam sangat sigap melihat peluang untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah ini," katanya.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017