Ternate, 30/6 (Antara Maluku) - Penumpang arus balik pengguna kapal laut milik PT Pelni Cabang Ternate, Maluku Utara pada H+5 mengalami lonjakan dari dan ke pelabuhan Ternate dengan tujuan sejumlah kota di Indonesia.

Kepala Operasi PT Pelni Cabang Ternate, Arif Prasetyo di Ternate, Jumat menyebutkan para penumpang dari dan ke Ternate menggunakan Kapal PT Pelni alami peningkatan, terutama untuk tujuan Ambon, Bitung dan Bau-Bau naik signifikan.

KM Labobar misalnya, kata Arif, sejak (29/6) lalu mobilisasi pemudik menggunakan KM Labobar tujuan Bitung penumpang dari dan ke Ternate mencapai 750 lebih penumpang dan penumpang arus balik tujuan Ternate Jayapura.

Dia mengatakan, untuk KM Doloronda tujuan Ternate-Ambon mengangkut penumpang di atas 800 orang dan tujuan Bau-Bau mencapai 700 lebih, bahkan, kapal tersebut mengangkut penumpang hingga ke Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Sedangkan, saat ini, PT Pelni yang membuka jalur antar-puluan untuk tujuan Ternate-Babang, Kabupaten Halmahera Selatan juga mengangkut penumpang di atas 300 orang dan ini merupakan peningkatan jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

Dia mengakui, memang ada penambahan seat yang diberikan langsung dari pusat dan itu sebanyak 130 persen dari kapasitas seat yang ada dan kapasitas yang diberikan jika terjadi lonjakan yang maksimal.

Sementara itu, Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Ternate menyatakan, aktivitas arus balik penumpang yang menggunakan pelabuhan di Ternate puncaknya pada H+4 dan H+5 hari ini dan terbanyak di Pelabuhan Bastiong untuk penumpang antar-pulau dan armada semut dari Pulau Halmahera.

Kasi Keselamatan Pelayaran KSOP Ternate, Adriani ketika dihubungi sebelumnya menyatakan, lonjakan penumpang pada H+5 lebaran Idul Fitri yang cukup tinggi, terutama melalui jalur laut antar-pulau.

Dia mengatakan, personel telah disiagakan untuk menjamin kenyamanan selama arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri.

"KSOP saat ini telah menyiagakan personelnya mulai dari Pelabuhan Armada Semut hingga Pelabuhan antar-daerah di Pelabuhan Bastiong dan Pelabuhan Ahmad Yani guna mengantisipasi berbagai masalah yang terjadi selama penumpang arus balik lebaran tahun ini," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017