Ternate, 8/7 (Antara Maluku) - TNI Manunggal Membangun Desa Ke-99 Kodim 1501/Ternate, Maluku Utara (Malut) mengerahkan tim kesehatannya untuk memberikan pengobatan gratis bagi warga selama 30 hari di wilayah Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat.

"Tim yang diterjunkan di antara Satuan Tugas terdapat tim kesehatan yang memiliki kewajiban mendukung pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi personel Satgas guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan TMMD," kata Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abd Razak Rangkuti dalam siaran pers yang diterima Antara di Ternate, Sabtu.

Selain melaksanakan tugas pokoknya, tim tersebut turut membuka diri untuk melakukan pengobatan kepada masyarakat baik dilakukan di posko maupun mendatangi langsung ke rumah pasien yang menderita sakit.

"Kegiatan tersebut terlaksana atas dasar kepedulian terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin antara personel Satgas TMMD dengan masyarakat sekitar," kata Dandim.

Mathius, warga Ropu Tengah Balu (RTB) yang turut memeriksakan kesehatan, mengaku senang dan sangat terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan tersebut.

TMMD ke-99 di Halbar juga mengerahkan personel TNI untuk melakukan normalisasi saluran air guna mengantisipasi terjadinya banjir saat terjadinya hujan deras.

Dandim menyatakan normalisasi dilakukan dengan pemetaan alur aliran air hingga ke sungai maupun ke laut. Pembersihan, normalisasi termasuk pendalaman saluran-saluran air yang selama ini tersumbat oleh sedimen tanah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017