Ternate, 25/7 (Antara Maluku) - Komando Resimen (Korem) 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) mengapresiasi berbagai elemen yang memberikan penghargaan bagi Aminah Sabtu, wanita yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih di Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

"Kami akan menyiapkan penghargaan bagi Aminah Sabtu, karena jasanya mengibarkan bendera merah putih pertama kalinya di Tanjung Mareku Kota Tidore pada tahun 1946," kata Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Sachono di Ternate, Selasa.

Menurut dia, Aminah merupakan salah satu pelaku sejarah yang harus diberikan penghargaan, sehingga pada momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2017 nanti, Korem 152/Babullah akan menyiapkan penghargaan bagi wanita heroik tersebut.

Dandrem juga meminta agar Dandim 1505/Tidore mendorong Pemkot Tidore Kepulauan untuk memberikan perhatian bagi para tokoh sejarah.

Aminah Sabtu sendiri hingga kini masih trauma, sehingga untuk menemuinya tidak bisa menggunakan seragam, karena masih mengingat saat mendapat penyiksaan dari tentara Belanda saat mengibarkan bendera merah putih di tanjung Mareku.

Sementara itu, WS Kapenrem 152/Babullah Ternate, Lettu Inf Heru Darujito menyatakan, sebelumnya, Dandim 1505/Tidore melalui Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menyampaikan bahwa jajaran Kodim 1505/Tidore sangat menghormati jasa Amina Sabtu sebagai saksi sejarah dan salah satu tonggak pengibaran sang saka merah putih pertama kali di Indonesia Timur.

Hal tersebut tentu sebagai aksi heroik dari seorang Ibu Amina beserta beberapa nama yang terlibat dalam pengibaran yaitu Abdulah Kadir dan sejumlah pemuda Mareku.

Dimana, pada saat itu dominasi kolonialisme masih memiliki pengaruh yang cukup kuat namun tanpa ragu mereka melakukan tindakan heroik tersebut, untuk itu kita sebagai generasi penerus sudah sepatutnya berterimakasih kepada para pendahulu kita.

Sehingga, atas jasanya tersebut Ibu Amina Sabtu mendapatkan penghargaan yang dikemas dalam Amina Award yang diselenggarakan oleh dJaringan Mahasiswa Nuku (dJAMAN) bekerjasama dengan Kodim 1505/Tidore.

"Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih kepada sosok penting tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana penghargaan disampaikan secara langsung oleh Mayor Inf Aliudin, S.Ag Danramil 1505-01/Kota Tidore kepada Amina Sabtu," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017