Ambon, 5/8 (Antara Maluku) - Bakal calon (Balon) Gubernur Maluku, Tagop Sudarsono Soulissa, di Ambon, Jumat, tercatat sebagai kandidat pertama yang mengembalikan formulir pendaftaran di Desk Pilkada DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku.

Tagop diterima Ketua Desk Pilkada DPW PKB Maluku, Malaka Yaluhun. Ia mengucapkan terima kasih karena diperbolehkan mengembalikan formulir lebih awal dari jadwal ditetapkan, 5-11 Agusus 2017, setelah dibuka pada 31 Juli-4 Agustus 2017.

"Saya dalam kapasitas Bupati Buru Selatan periode kedua memiliki sejumlah tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan sehingga memanfaatkan waktu ini (Jumat) ini mengembalikan berkas sesuai persyaratan Desk Pilkada DPW PKB," ujarnya.

Tagop mengakui PKB adalah partai politik (Parpol) yang selama ini senantiasa menjalin hubungan harmonis dengannya dalam rangka membangun kabupaten Buru Selatan.

"PKB selama ini membantu saya membangun Buru Selatan yang saat ini merupakan tahun

kedua periode kedua sejak dilantik Gubernur Maluku, Said Assagaff di Ambon pada 22 Juni 2016," katanya.

Ketua Desk Pilkada DPW PKB Maluku, Malaka Yaluhun, mengapresiasi keseriusan Balon, baik Gubernur maupun Wagub yang mendaftar di Parpol in sesuai petunjuk teknis (Juknis) DPP PKB.

"Desk Pilkada hanya melaksanakan tahapan sesuai Juknis DPP tentang rekrutmen Balon Gubernur maupun Wagub Maluku , ujarnya.

PKB dalam tahapan penjaringan Balon melakukannya secara transparan, di mana berkas yang dikembalikan akan diverifikasi dengan jadwal perbaikan dokumen pada 12 - 14 Agustus 2017.

"Setelah perbaikan berkas dokumen , maka DPW PKB Maluku melaksanakan rapat pleno pada 16 Agustus 2017. Hasilnya disampaikan kepada DPP PKB yang menjadwalkan tes kepatutan dan kelayakan pada 13 - 18 September 2017," tandas Malaka.

Pendaftaran hari terakhir (Jumat) dimanfaatkan Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat, Mozes Rudy Timisela yang diwakilkan kepada Saka Ririhena dan Abdurrahman Marasabessy dikuasakan untuk Manan Rahawarin masing - masing sebagai Balon Wagub.

Balon Gubernur yang telah mendaftar yakni petahana Gubernur Maluku, Said Assagaff, mantan anggota DPR - RI, Enggelina Pattiasina, mantan Bupati Seram Bagian Barat(SBB), Jakobus Puttileihalat dan Dirjen Pembangunan Kawasan Pendesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Johozua Max Yoltuwu.

Selain itu, Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun, Komandan Korps Brimob, Irjen Pol. Murad Ismael dan Mantan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Bitsael Silvester Themar.

Sedangkan Inspektur IV Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAMWAS) Kejagung RI, Herman Koedoeboen dan mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT) dengan tagline "HEBAT" telah mendeklarasikan diri sebagai pasangan Balon Gubernur - Wagub Maluku.

Balon Wagub lainnya adalah Bupati Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun.

Malaka mengemukakan, semua Balon Gubernur maupun Wagub yang mendaftar di PKB memiliki kewajiban untuk mengikuti seluruh tahapan telah ditetapkan melalui Juknis maupun instruksi DPP PKB.

"PKB merupakan partai terbuka yang nasonalis dan religius mengapresiasi para Balon Gubernur maupun Wagub mendaftar dengan tetap menjunjung tinggi nilai- nilai toleransi yang menghargai falsafah hidup orang Maluku dibingkai budaya pela -gandong," tandasnya.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017