Ternate, 29/8 (Antara Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) melakukan upaya preventif mengantisipasi peredaran narkoba dengan melakukan tes urine bagi Majelis Hakim di Malut.

"Tes urine ini diikuti seluruh seluruh majelis hakim dan personil Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri Ternate dan Pengadilan Negeri Soasio," kata Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Richard M. Nainggolan, di Ternate, Selasa.

Menurut dia, pemeriksaan urine bagi majelis hakim ini bentuk preventif penyalahgunaan narkoba dengan tes uji narkotika melalui tes urine dilaksanakan di kantor Pengadilan Tinggi Maluku Utara.

Tes urine yang disaksikan langsung Ketua Pengadilan Tinggi Maluku Utara Kornel Sianturi, SH., M.Hum bersama Kepala BNNP Maluku Utara, turun langsung melihat jalannya tes urin yang melibatkan hakim dari ketiga pengadilan bersama pejabat dan staf.

Oleh karena itu, Ricard mengingatkan ke jajaran Pengadilan, bahaya penyalahgunaan narkoba sudah masuk pada berbagai lini, dan lingkungan kerja sangat rawan.

"Dalam menciptakan aparatur yang bersih narkoba berdampak pada lingkungan kerja yang nyaman serta lebih berkualitas", katanya.

Dalam tes urine itu, BNNP terjunkan 157 personel yang melakukan tes urin. Dari tes urin tersebut diketahui 21 personil lainnya belum melakukan tes dimaksud karena sedang melaksanakan tugas kedinasan.

Sehingga, dari hasil tes urin ini akan dilaporkan ke kepala BNNP Maluku Utara dan selanjutnya akan disampaikan ke Ketua Pengadilan Tinggi.

Setelah itu, Personel BNNP Malut melakukan tes urine untuk Ketua Pengadilan Negeri (PN) Ternate Hendri Tobing, para hakim beserta 60 pegawainya bakal dites urine pada Selasa (29/8) hari ini.

Juru bicara PN Ternate, Aris Fitra Wijaya ketika dihubungi mengatakan, kegiatan tes urine ini merupakan perintah langsung oleh Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang dilakukan serentak kepada seluruh pengadilan di Indonesia.

"Ini program dari MA dan tes urine di Maluku Utara dilakukan bersamaan dengan PN Soasio Tidore Kepuluan, sehingga pihaknya bersama Ketua PN Ternate Hendri Tobing, para hakim beserta 60 pegawai siap mengekuti tes urine," ujarnya.

Secara terpisah, Humas BNNP Malut, Zuljiah Wati saat dikonformasi membenarkan rencana tes urine para hakim ini.

"Iya benar, hari ini dari 5 petugas yang dipimpin langsung Kepala BNNP akan melakukan tes urine di Pengadilan Tinggi,"ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017