Masohi, 5/9 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku, Said Assegaff menyerahkan bantuan hibah sebesar Rp870 juta untuk pembangunan sarana ibadah dan perguruan tinggi di kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Said kepada 26 orang penerima bantuan bertepatan dengan peluncuran program unggulan pasangan Bupati - Wakil Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal - Marlatu Leleury, di Taman Ina Marina, Masohi, ibu kota Malteng, Selasa.

Bantuan tersebut diterima panitia pembangunan dan rehabilitasi masjid dan mushola, taman pengajian Alquran (TPQ), gedung gereja dan pastori di sejumlah kecamatan di Maluku Tengah dengan dana bantuan bervariasi antara Rp20 juta hingga Rp50 juta.

Alokasi dana terbesar yakni untuk rehabilitasi sarana dan prasarana gedung Gereja Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Amahai Soahuku, klasis Masohi Rp200 juta.

Sedangkan bantuan untuk perguruan tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Politik (STISIP) Kebangsaan Masohi, Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan (STIP) Hata Syahrir, Pulau Banda dan Politeknik Muhammad Hatta, Pulau Banda masing-masing Rp30 juta.

Gubernur Said menyatakan, bantuan hibah yang diserahkan tersebut merupakan bagian dari program bantuan hibah pemerintah provinsi Maluku tahun 2017 guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

"Bantuan hibah yang diserahkan ini telah diprogramkan pemprov Maluku setiap tahun untuk membantu percepatan pembangunan sarana dan prasarana peribadatan, maupun untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan di 11 kabupaten / kota fi Maluku.

9"Tidak hanya di Maluku Tengah tetapi bantuan hibah diberikan untuk 11 kabupaten/kota di Maluku. Kebetulan saja saat ini penyerahannya bertepatan dengan kunjungan kerja saya saya di Maluku Tengah, apalagi disaksikan langsung oleh para Raja di kabupaten uni," ujar Gubernur Said.

Dia berharap bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat untuk pengembangan pendidikan di perguruan tinggi maupun peningkatan pelayanan sosial keagamaan di kabupaten tertua di Maluku tersebut.

Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan pembangunan dan pemberdayaan yang diberikan untuk membantu penyelesaian pembangunan sejumlah sarana ibadah dan perguruan tinggi di kabupaten itu.

"Bantuan hibah yang diserahkan Pemprov Maluku sangat bermanfaat dan berdampak besar terhadap upaya pembangunan mental dan moralitas umat berada di Maluku Tengah di masa mendatang," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal1

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017