Ternate, 18/9 (Antara Maluku) - Pemkab Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, intensif membenahi pelabuhan Babang dalam rangka menyukseskan lomba mancing internasional di Widi (Widi International Fishing Tournament - WIFT) pada 25-29 Oktober 2017.

Kepala Kantor Pelabuhan Babang, Halmahera Selatan, Izwar, di Ternate, Senin, mengatakan, berbagai persiapan intensif dirampungkan, terutama penataan area pelabuhan yang akan menjadi pusat acara pembukaan event WIFT dihadiri Presiden, Joko Widodo.

Pihaknya memastikan sebelum waktu digelar event internasional itu semua penataan fasilitas pelabuhan Babang sudah harus tuntas.

Begitu pula pembangunan ruang tunggu penumpang yang saat ini dalam proses pengerjaan dan diprogramkan sebelum pelaksanaannya sudah rampung.

Izwar mengakui, pembangunan ruang tunggu pelabuhan Babang sebenarnya belum rampung pada tahun anggaran 2017. Hanya saja, dalam rangka event WIFT, maka dirampungkan.

Pertimbangannya, pembangunan ruang tunggu dan terminal pelabuhan Babang diprogramkan dibangun tahun anggaran 2017 dan 2018.

"Kita mengupayakan fasilitas ini rampung menjelang pelaksanaan event WIFT karena lokasi tersebut dijadwalkan ditinjau Presiden Jokowi," ujarnya.

Pembangunan ruang tunggu maupun terminal pelabuhan Babang telah dilaporkan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba kepada konsultan Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu.

Fasilitas lain terutama di area yang akan menjadi lokasi acara pembukaan WIFT juga dilakukan penataan dan pembenahan. Salah satunya dilakukan pemasangan paving blok dan petanaan tempat peti kemas.

"Semuanya kita benahi terutama di area yang akan menjadi tempat acara pembukaan dan penutupan pelaksanaan WIFT," kata Izwar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017