Ternate, 27/9 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) intensif melakukan persiapan dengan merampungkan berbagai fasilitas pelabuhan menghadapi pelaksanaan event lomba mancing internasional World International Fishing Tournament (WIFI), dijadwalkan digelar pada pertengahan Oktober 2017.

"Berbagai persiapan seperti penataan lokasi kegiatan pembukaan terutama untuk pelabuhan hingga pesisir Pantai Mandawong," kata Bupati Bahrain Kasuba dihubungi dari Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, persiapan masih terus dilakukan oleh pemkab, salah satunya pembangunan rumah Adat Solo yang direncanakan akan menjadi tempat inap Presiden Joko Widodo dan penetapaan lokasi acara.

"Kita terus pacu berbagai persiapan hadapi momen ini, apalagi waktunya sudah dekat dan kita juga sudah pantau pekerjaan pembangunan rumah adat yang sementara jalan, sehingga pastikan pekerjaan dipercepat sehingga sebelum pelaksanaannya semua persiapan sudah tuntas," katanya.

Pemkab Halsel, kata Bahrain, hanya diberikan tanggungjawab melakukan persiapan di ibukota yakni di Bacan, terutama lokasi yang akan menjadi tempat dilaksanakanya beberapa kegiatan, seperti lokasi kegiatan ekspo dan lomba kuliner di pantai Mandaong, Bacan Selatan.

"Jadi kita Pemkab diberikan tanggung jawab untuk siapkan lokasi kegiatan ekspo dan acara lainnya yang ada di ibu kota serta bertanggung jawab untuk akomodasi dan persiapan itu sedang kita genjot. Kita terus lakukan penataan termasuk dalam kota," ujarnya.

Persiapan yang menjadi tanggungjawab pemkab kata mantan ketua DPRD Halsel itu hingga saat ini telah mencapai sekitar 80 persen, sehingga pihaknya memastikan sebelum hari H, semua persiapan yang menjadi tanggung jawab pemkab dapat rampung 100 persen.

"Mandaong yang akan menjadi salah satu lokasi kegiatan sedang kita tata. Sudah ditimbun dan lainnya, karena pemetaan taman juga sedang dilakukan termasuk pembangunan rumah adat Solo yang akan jadi tempat inap presiden, sehingga persiapan di Pelabuhan Babang yang akan menjadi lokasi pembukaan kegiatan WIFT juga terus digenjot dan semuanya bisa tuntas sebelum dimulai pelaksananaannya," kata bupati.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017