Ambon, 3/10 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar gladi bersih upacara peringatan HUT ke-72 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2017, di Lapangan Merdeka Jl. Slamet Riyadi, Kota Ambon, Selasa.

Siaran pers yang diterima Antara menyatakan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dijadwalkan bertindak selaku Inspektur Upacara dan Danyon Marinir Lantamal IX/Ambon Letkol Marinir Teguh Santoso selaku Komandan Upacara.

Sejak pagi, seluruh personel pasukan TNI sibuk mempersiapkan semua perlengkapan untuk pelaksanaan upacara.

Segala persiapan dilaksanakan mulai dari penyiapan dan pembersihan tempat upacara, sejumlah kendaraan tempur seperti Panser Tarantula, Anoa, Saracen dan Ferret telah disiagakan di sekitar area upacara.

Gladi bersih selain diikuti oleh seluruh Prajurit baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara, juga Brimob Polda Maluku, ASN, Satpol P.P, Tagana dan Pelajar SMA Kota Ambon.

Selain gladi upacara, para prajurit TNI juga menampilkan demonstrasi bela diri Yongmodo dan Kolone senapan gabungan dari TNI-Polri.

Masing-masing angkatan juga akan menampilkan berbagai alutsista yang dimilikinya, selain drama kolosal dari Rindam XVIPattimura yang menceritakan tentang kisah perjuangan masyarakat Pulau Banda dalam melawan para penjajah Belanda.

Pada acara peringatan nanti akan dilaksanakan juga pemusnahan senjata rakitan hasil Satgas Ops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara tahun 2017 sebanyak 720 pucuk, yang merupakan hasil penyerahan dari masyarakat.

Acara gladi resik diakhiri dengan defile oleh TNI/Polri, PNS, Masyarakat dari komunitas ojek dan becak Kota Ambon serta defile Ranpur.

Hadir dalam gladi bersih tersebut Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono dan Danrem 151/Binaiya Kol Inf Christian Tuhuteru.

Upacara tanggal 5 Oktober 2017 akan dimulai pukul 8.00 Wit, dan pada jam 11.30 Wit dilaksanakan syukuran bertempat di Tribun Lapangan Merdeka, yang dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, Pangdam XVI/Pattimura serta para pejabat Provinsi Maluku.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017