Ternate, 6/10 (Antara Maluku) - Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), masuk dalam 18 kota untuk pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dalam mengatasi masalah air bersih bagi masyarakat di Ternate.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, di Ternate, Jumat, mengatakan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) RI Muhammad Sundoro yang memberi perhatian terhadap Kota Ternate, sehingga pembangunan SPAM bisa masuk ke Kota Ternate.

"Saya sangat apresiasi dan berterima kasih dengan adanya perhatian pemerintah pusat, sehingga Kota Ternate termasuk salah satu dari 18 kota yang dijadikan kota binaan oleh Direktur Pengembangan SPAM Ditjen Cipta Karya Kementerian PU-PR," katanya lagi.

Menurut dia, dengan adanya perhatian itu berarti akan membantu masalah air bersih di Kota Ternate, dan tentunya berharap pembangunannya berjalan lancar, tidak ada kendala sehingga bisa menambah sambungan rumah tangga di Kota Ternate, serta bisa melayani Ternate Selatan dan Ternate Tengah.

"Itu berati PDAM Kota Ternate nantinya akan melanjutkan penggunaan air bersih setelah pembangunannya rampung dan berharap pembangunan SPAM ini akan dikelola dengan baik, sehingga bisa terpenuhi kebutuhan air di Kota Ternate dan seluruh masyarakat, dan bisa meningkatkan konsentrasi layanan air bersih," katanya.

Menurutnya, di Kota Ternate sudah sekitar 76 persen terlayani air bersih, sehingga dengan adanya program dari kementerian diharapkan tahun 2019 bisa terlayani 100 persen.

Wali Kota Ternate mengatakan, pemkot setempat sangat mendukung, sehingga menyediakan lahan, dan langsung meresponsnya.

"Saya beberapa kali melobi ke Direkturat Jenderal Pengembangan SPAM ini, agar program ini bisa masuk ke Ternate, bersama 18 kota di seluruh Indonesia yang memiliki masalah air bersih ini," katanya pula.

Menurutnya, SPAM yang pembangunannya saat ini dilakukan menggunakan teknologi yang andal, sehingga pihaknya akan melihat lagi arahan direktur, kalau ada peluang swasta akan dicoba sehingga masalah air bersih di Kota Ternate benar-benar mendapat perhatian.

"Kami akan melakukan langkah dan upaya untuk bagaimana ketersediaan air bersih di wilah Kota Ternate ini semakin banyak dan baik," katanya lagi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017