Ternate, 12/12 (Antara Maluku) - Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol Achmat Juri mengecek kebutuhan pokok di tingkat distributor untuk mengantisipasi adanya penimbuhan stok jelan perayaan Natal dan tahun baru di wilayah Malut.

"Petugas telah diinstruksikan mengecek harga kebutuhan pokok di distributor agar tidak ada kelangkaan stok," katanya saat mengecek kebutuhan pokok di Ternate, Selasa.

Kapolda mengatakan, kenaikan harga biasanya kalau permintaan meningkat maka distributor mulai memainkan harga, ini akan diantisipasi jajaran di Polda Malut.

Oleh karena itu, Kapolda telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolres dan Kapolsek untuk turun ke pasar mengecek harga agar tidak terjadi kenaikan sehingga stabilitas harga tetap terjaga.

Selain itu, untuk harga masih di bawah HET dan kenaikan hanya telur, sedangkan harga daging tidak mengalami kenaikan, bahkan di daerah mayoritas nasrani di wilayah Halmahera Utara dan Halmahera Barat belum ada kenaikan.

Kapolda juga meminta agar semua pihak untuk sama-sama menjaga stabilitas harga, agar kondisi ekonomi di wilayah Malut tetap stabil.

Sebelumnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate, menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Wakil Sekretaris TPID Kota Ternate, Sutopo Abdullah ketika dihubungi mengakui, perayaan hari besar agama seringkali harga sembako mengalami kenaikan menyusul tingginya permintaan, namun untuk natal ini harga sembako masih terkendali.

Dia mengatakan, saat ini, sejumlah daerah penghasil komoditi seperti daerah penyangga di Halmahera Barat dan Halmahera Timur memasuki masa panen, sehingga kebutuhan sembako selama natal hingga tahun baru 2018 dipastikan terpenuhi.

Apalagi, sejumlah bahan pangan yang menjadi penyumbang inflasi seperti bawang, cabe dan tomat sebagian besar didatangkan dari luar Malut.

Untuk itu, dirinya meminta agar SKPD terkait intensif melakukan koordinasi guna melahirkan program yang berkesinambungan, sehingga capaiannya bisa mengalami peningkatan, terutama kebutuhan sembako bisa terpenuhi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017