Ternate, 19/12 (Antara Maluku) - Penyuluh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) memperkuat pemahaman materi narkoba bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Ternate.

"Bahaya Penyalahgunaan Narkoba harus dikenalkan kepada anak sejak dini dan hal ini yang mendorong Pendidik anak usia 4-6 tahun untuk memahami mengenai bahaya narkoba," Humas BNN Provinsi Malut, Zulziah Wati melalui siaran pers yang diterima Antara, Selasa.

Dalam melaksanakan sosialisasi bagi para anggota Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Paud yang dilaksanakan pada Senin pagi bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kelurahan Toloko Ternate itu, ke-120 peserta pengurus dan guru PAUD SE Kota Ternate ini tentang anak 4-6 tahun anak akan memiliki memori yang dapat mengingat apa yang membuatnya menjadi anak baik dan beretika jika mendapat pembinaan, akhlak dan ajaran agama, sehingga walaupun ada bujuk rayu mengkonsumsi narkoba sekalipun dapat ditolaknya.

"Penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi anak sangat penting mengingat bagaimana bandar dan pengedar mulai memperkenalkan narkoba dalam bentuk permen ataupun kue yang menggoda anak, jadi para guru Paud ini harus menyampaikan informasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan cara menyenangkan seperti pemutaran film anak disertai penjelasan, bernyanyi atau bercerita dalam suasana menyenangkan," katanya.

Ditambahkannya, BNN Provinsi Maluku Utara telah secara resmi menerapkan materi P4GN dalam kurikulum sekolah mulai Paud sampai SMA di Malut sesuai Peraturan Gubernur Nomor 18 tahun 2017 yang diharapkan dapat diimplementasikan di lingkungan Paud dan TK se-Kota Ternate.

Penyuluhan yang dilaksanakan dalam rangka Musyawarah Daerah ke-2 Himpaudi Kota Ternate mengingat guru Paud perlu diberikan penguatan kurikulum berbasis anti narkoba Sebelum dijalankan di TK maupun Paud, kata ketua panitia pelaksana Nurhayati Ilyas.

Dia berjanji dalam waktu dekat akan berkunjung ke BNN Provinsi Maluku Utara bersama Dinas Pendidikan Kota Ternate dan pengurus Himpaudi yang terpilih pada Musda II ini.

"Supaya hal teknis terkait pelaksanaan Penerapan materi pencegahan narkoba di PAUD dapat secepatnya di jalankan," pungkasnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017