Saumlaki, 10/1 (Antaranews Maluku) - Dalam rangka menyambut Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2018, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) tipe A2 Saumlaki menggelar kegiatan "Treasury Goes to School" yang melibatkan lebih dari 100 siswa kelas X,XI dan XII SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor KPPN Saumlaki, Teguh Irwono, didampingi Kepala Sub bagian Umum, Saiful, Kepala Seksi Bank, Sutrisno, dan Treasury Manajemen Representative KPPN Saumlaki, Muhamad Riswan Bayu Sagoro.

"Ada kegiatan internal dan eksternal yang akan kami gelar dalam rangka hari bakti perbendaharaan tahun 2018, dimana salah satunya adalah kegiatan perbendaharaan menyapa yang dilaksanakan saat ini," kata Teguh Irwono saat membuka kegiatan tersebut, di Saumlaki, Selasa.

Dia menyatakan kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan pengelolaan perekonomian untuk mencapai tujuan Negara, dengan materi seputar peranan Ditjen Perbendaharaan dalam pembangunan nasional, perkenalan KPPN Saumlaki dengan tugas pokok dan fungsi serta peranannya dalam pembangunan di daerah ini.

Usai acara pembukaan, Treasury Manajemen Representative KPPN Saumlaki, Muhamad Riswan Bayu Sagoro menyampaikan materi sosialisasi tentang

kedudukan Ditjen Perbendaharaan Nasional dalam kaitan dengan pembangunan nasional, dan kedudukan KPPN Saumlaki sebagai salah satu instansi vertikal disertai tugas KPPN dalam kaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Kegiatan KPPN Mengajar itu mendapat sambutan postif dari para peserta.

"Kami sangat berterima kasih karena bapak-bapak dari KPPN Saumlaki telah datang menambah ilmu kepada kami, teristimewa saya selaku bendahara tentang bagaimana mengelola keuangan. Kami juga telah mengerti tentang APBN dan tentang tugas pokok dari KPPN," kata Nany Watumlawar, bendaraha Badan Pengurus OSIS.

Kepala KPPN Tipe A2 Saumlaki,Teguh Irwanto membuka kegiatan "Treasury Goes To School di SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan, Maluku Tenggara Barat, Selasa (9/1) (Simon Lolonlun)


Ones, siswa kelas XII serta Barce Bulurdity,siswa kelas X, mengakui mereka secara umum memperoleh inspirasi karena mengetahui dengan jelas apa itu APBN dan bagaimana pengelolaan keuangan Negara baik di tingkat pusat maupun daerah.

Mereka berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan saat itu melainkan terus dilakukan pada waktu mendatang, teristimewa pihak KPPN diminta memberikan penjelasan jika pihak sekolah membutuhkan terkait proses pengelolaan keuangan Negara, serta terkait proses seleksi pegawai di lingkup Kementerian Keuangan.

Teguh Irwono menyatakan, selain kegiatan itu pihaknya juga akan menggelar sejumlah kegiatan lain menyongsong Hari Bakti Perbendaharaan 2018 yang jatuh pada 14 Januari.

Kegiatan itu di antaranya Tasyakuran tanggal 24 Januari dengan melibatkan sejumlah Satuan Kerja (Satker) pilihan dan Pemkab, kegiatan Image branding Ditjen Perbendaharaan, serta diseminasi kepada masyarakat seperti kontribusi penulisan artikel di media lokal dan website, jalan sehat dengan melibatkan sejumlah mitra kerja yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari.

"Selain itu, kami akan melaksanakan program perbendaharaan menulis dimana sedang direncanakan untuk dilaksanakan lomba menulis bagi siswa dan siswi SMA/SMK dengan tema program perbendaharaan dalam rangka pembangunan negeri ini," katanya.

Kegiatan lainnya mengunjungi pensiunan KPPN yang berdomisili di desa Lorulun, kecamatan Wertamrian, dan penanaman pohon di lingkungan kantor KPPN Saumlaki.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018