Ambon, 8/2 (Antaranews Maluku) - Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku mendorong maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan internasional Ambon, ibu kota provinsi Maluku ke Darwin, Australia Utara.

Kabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia, di Ambon, Kamis, mengatakan, Gubernur Maluku, Said Assagaff sejak dilantik pada 10 Maret 2014 intensif mendorong dibukanya kembali rute penerbangan ke negara tetangga tersebut.

Bahkan, Gubernur Said menemui Menteri BUMN, Rini Soemarno maupun Dirut Garuda, sejak Emirsyah Satar, Muhammad Arif Wibowo hingga Pahala Mansury karena memandang pembukaan rute penerbangan internasional itu strategis bagi pengembangan Maluku dari berbagai sektor.

Apalagi, pemerintah kota Ambon menjalin kota kembar (sister city) dengan Darwin sejak 1983.

"Jadi Gubernur Said mendorong Garuda Indonesia agar membuka rute penerbangan tersebut, termasuk Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) - Darwin dengan waktu tempuh 30 - 40 menit," ujar Bobby.

Dia mengemukakan, pembukaan rute penerbangan Ambon - Darwin juga strategis untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata maupun pendidikan Maluku.

Lomba layar internasional (yacht race) Darwin - Ambon yang intensif dilaksanakan setiap tahun strategis untuk mendorong wisatawan ke Maluku.

Selain itu, peringatan gugurnya tentara persemakmuran (Anzac Day) yang diperingati di Taman Makan Pahlawan Kapahaha, kota Ambon pada setiap 25 April.

"Strategisnya para pelajar, mahasiswa maupun aparatur sipil negara (ASN) di Maluku ditawarkan memanfaatkan program beasiswa untuk menekuni pendidikan di Australia yang realisasinya diprogramkan pada 2018," kata Bobby.

Pemprov Maluku memandang perlu mempersiapkan kualitas SDM menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC).

Karena itu,kemampuan berbahasa Inggris harus dikuasai para pelajar, mahasiswa, ASN maupun para pelaku ekonomi di Maluku sebagai alat komunikasi utama di era perdagangan bebas maupun informasi teknologi (IT).

"Pemerintah Australia menyiapkan berbagai kemudahan bagi para pelajar, mahasiswa maupun ASN di Maluku yang berminat meningkatkan kualitas SDM di sana," tandas Bobby. 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018