Ternate, 12/2 (Antaranews Maluku) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyebutkan ratusan pencari kerja (pencaker) memenuhi bursa kerja yang digelar di Ternate, Senin.

"Ini peluang bagi pencari kerja dan bisa menekan tingginya angka pengangguran," kata Kadis Naker Kota Ternate Jusuf Sunya di Ternate, Senin.

Menurut dia, animo pencari kerja untuk mengisi lowongan kerja cukup tinggi yang terbukti dari ribuan pencari kerja telah mengambil formulir untuk dimasukkan pada 30 perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut.

Dinas Tenaga Kerja juga menyiapkan tim konselor untuk membantu pancari kerja menentukan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan maupun pengalaman kerjanya.

Sebelumnya, Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker memberikan kemampuan dasar bagi pencari kerja (pancaker) melalui pelatihan dan keterampilan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta pelatihan, juga membekali keterampilan bagi pencari kerja agar mampu bersaing dan berkompetensi dengan tenaga kerja dari daerah lain.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas para pencari kerja lulusan SMA/SMK diwilayah Kota Ternate, Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Ternate menggelar pelatihan FMD (Fisik Mental Disiplin) dengan menggandeng unsur TNI yang terkenal akan kedisiplinannya sebagai Instruktur/Pelatih.

"Pembinaan FMD sendiri adalah sebuah aktifitas pelatihan yang diberikan kepada para peserta yang sedang melaksanakan kursus, pendidikan, penataran, MOS maupun pelatihan-pelatihan lainnya.

Sebelumnya, ratusan pencari kerja di Ternate memenuhi Kantor Disnaker untuk mendapatkan informasi mengenai adanya lowongan pekerjaan yang dibuka puluhan perusahaan yang beroperasi di Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018