Ambon, 7/3 (Antaranews Maluku) - Menteri Keuangan Sri Mulyani memotivasi ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Ambon agar bisa menjadi generasi milenial yang bermental pemenang.

"Orang yang selalu mencari alasan adalah mental pencundang. Jangan jadi mental pecundang. Kadang-kadang kita gagal, tidak lulus atau menghadapi cobaan, tapi jangan menyerah, itu yang disebut dengan `winner mentality` atau mental pemenang," kata Menkeu Sri Mulyani di sela-sela kuliah umum bertema "Menggerakkan Roda Perekonomian Dari Pinggiran" di Ambon, Rabu.

Kuliah umum Menkeu yang digelar di auditorium Universitas Pattimura (Unpatti) itu dipadati ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Ambon.

Menkeu, mengatakan di era milenial seperti sekarang ini, generasi muda, tidak terkecuali di Ambon, memiliki lebih banyak kemudahan, termasuk akses terhadap informasi untuk dunia yang lebih luas dari beragam media.

Hal itu berbeda dengan 20 tahun lalu, tak banyak pilihan yang bisa dipilih, tambahnya, untuk bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan, orang-orang masih harus rajin ke perpustakaan.

Meskipun demikian, menurut dia, dibandingkan era sebelumnya, kemudahan-kemudahan yang disediakan di era milenial sesungguhnya adalah tantangan dan ujian yang lebih berat bagi generasi muda.

Mereka dihadapkan dengan terlalu banyak pilihan, tak banyak yang berhasil lulus dan sukses dari ujian pilihan-pilihan tersebut.

"Generasi milenial diberikan kemudahan yang 20 tahun lalu tidak ada, tapi itu juga adalah ujian dan tidak banyak yang berhasil lulus. Saya berharap para mahasiswa dari Unpatti dan lainnya di Ambon adalah generasi milenial pilihan yang memiliki kemampuan menghadapi dunia yang semakin luas," ujarnya.

Karena itu, Sri Mulyani meminta para mahasiswa di Ambon agar bisa menjadi generasi yang lebih kuat, bijak memilih dan memilah informasi yang diterima, menggunakan waktu dengan baik dan tidak hanya sibuk untuk bermedia sosial.

Dengan begitu maka pada saatnya nanti mereka bisa menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia yang dibanggakan oleh para pendiri bangsa.

"Saya berharap para generasi muda di sini pada saat era pembangunan ini terus digiatakan, jadilah bagian untuk memegang estafet selanjutnya dengan percaya diri. Anda semua adalah generasi muda yang jangan pernah merasa kalah atau minder dengan negara-negara lain," kata Menkeu Sri Mulyani.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018