Ambon, 20/3 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan membangun "diving center" atau pusat selam di negeri Nusaniwe Ambon.

Pembangunan gedung dan fasilitas diving center menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 sebesar Rp1.2 miliar, kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon, Richard Luhukay.

"Gedung diving center akan dibangun di negeri Nusaniwe dilengkapi fasilitas penunjang penyelaman, yang akan dibangun dalam waktu dekat," katanya di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, pembangunan gedung diving center merupakan program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang ditindaklanjuti ke sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia.

Tahap awal penetapan lokasi diving center dipusatkan di pantai Namalatu Latuhalat, tetapi mengalami kendala karena lokasi tersebut milik provinsi Maluku.

"Setelah dilakukan koordinasi lahan ternyata Pemprov Maluku tidak memberikan ijin pembangunan diving center di pantai namalatu, sehingga kami mencari lokasi baru untuk pembangunan dan mendapat lokasi baru di negeri Nusaniwe yang menghibahkan lahan untuk Pemkot Ambon," ujarnya.

Richard menjelaskan, anggaran yang dikucurkan Kemenpar bukan hanya untuk pembangunan gedung tetapi fasilitas penunjang penyelaman sesuai petunjuk teknis yang ditetapkan.

"Jadi anggaran tersebut bukan hanya untuk pembangunan gedung, tetapi peralatan yang menunjang penyelaman, sehingga ketika gedung rampung fasilitas juga siap," katanya.

Diakuinya, selain gedung dan fasilitas selam yang terpenting juga adalah penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola diving center sebagai upaya peningkatan pariwisata kota Ambon.

Selain membangun diving center di Nusaniwe ditargetkan di tahun 2019 juga akan dibangun di kecamatan Teluk Ambon

Titik penyelaman terbanyak di area pantai di selatan dan sekitaran Teluk Ambon. Lokasi ini ada beberapa situs yang terkenal seperti Hukurila Cave, Aquila Wreck atau Batu Lompa, Laha, serta Latuhalat.

Setiap lokasi di Ambon mempunya keistimewaan sendiri yakni menawarkan pesona menyelam yang lengkap, baik bagi penyuka topografi dramatis dengan ikan-ikan besar maupun penggemar muck dive.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018