Ternate, 7/4 (Antaranews Maluku) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) mengusulkan 720 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kemenpan dan RB untuk mengisi kuota yang dibutuhkan.

Kepala BKD Kabupaten Pulau Taliabu, Dr Salim Ganiru, Sabtu, mengatakan, pihaknya telah mengajukan formasi kuota untuk seleksi CPNS kabupaten Pulau Taliabu ke Kemenpan RB sebanyak 720 sesuai dengan analisis jabatan (anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang telah disusun oleh pihak BKD Pulau Taliabu.

Sehingga saat ini pemkab taliabu tinggal menunggu keputusan dari Kemenpan RB terkait berapa jumlah kuota CPNSD yang akan diberikan untuk kabupaten Pulau Taliabu, sesuai kebutuhan 720 kuota CPNS yang telah diajukan.

"Kita baru mengusulkan vormasi ke menpan 720. tapi belum ada jawaban sampe sekarang, jadi itu kepastian jumlahnya nanti pada saat ada jawaban dari Kemenpan," katanya.

Bahkan, dari jumlah CPNS yang diajukan tersebut, sudah berdasarkan pengkajian dari kebutuhan PNS serta kemampuan dari keuangan daerah dan bila tidak ada halangan informasi kuota penerimaan CPNS per kabupaten/kota akan diputuskan oleh Kemenpan-RB pada April bulan ini, namun pelaksanaan akan dilakukan selesai pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 agar tidak ada tendensi politik.

"Nanti ada pertemuan lanjutan pertengahan bulan April ini, maka soal penetapan kuota CPNS per kabupaten/kota baru diumumkan dan kita hanya mengusulkan dan jawabannya dari Kemenpan," katanya.

Sementara itu, kabupaten/kota di Malut telah mendapat sejumlah kabupaten/kota di Malut diantaranya Kota Ternate akan mendapatkan kuota 178 orang pada penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

Dimana, dari formasi itu untuk tenaga kesehatan sebanyak 73 orang ditambah dengan sisanya merupakan tenaga teknis dan tenaga pendidikan khususnya kuota bagi PGSD mencapai 20 orang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018