Ternate, 12/4 (Antaranews Maluku) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan membenahi berbagai sarana infrastruktur untuk mendukung Ternate sebagai tuan rumah penyelenggara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

"Penetapan kota Ternate sebagai tuan rumah Haornas ke-35, merupakan yang pertama Indonesia Timur. Acara akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Ternate, Sukarjan Hirto di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, untuk peringatan Haornas ke-35 pada 9 September 2018, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kemenpora, dan Pemkot Ternate sudah menerima surat penetapan Ternate sebagai tuan rumah.

"Penetapan Ternate sebagai tuan rumah ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, karena Haornas ke-35 ini baru pertama kali dilaksanakan di luar pulau Jawa, dan Indonesia Timur yang ambil alih peran ini sehingga ada hal penting yang akan dilaksanakan oleh Kementerian," katanya.

Selain itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk fasilitasi dan untuk lapangan yang menjadi titik pusat yaitu lapangan Gelora Kieraha dan Lapangan Ngaralamo Salero.

Sebab, dengan penetapan Ternate sebagai tuan rumah ini harus ditunjang oleh sarana dan pra sarana, kemudian infrastruktur terutama adalah perhotelan, karena Haornas ini akan dihadiri sekitar 30 ribu tamu.

"Dalam waktu beberapa hari ke depan, tim verifikasi akan turun melihat berbagai persiapan yang kita lakukan di kota Ternate sebelum masuk pada rapat kordinasi pada taangga 23-27 April mendatang," ungkapnya

Untuk fasilitas infrastruktur kata dia, dilihat dari dua sisi yaitu plen A dan B, plen A adalah lapangan Stadion Gelora Kieraha, pada saat dilakukan kordinasi dari pihak Kemenpora RI lewat Diputi menyampaikan, Haornas yang digelar pada 9 September ini akan di hadiri langsung oleh Presiden RI sehingga harus pengamanan ring satu.

"Plan A-nya di Stadion Gelora Kieraha dan plen B dilaksankan di depan kedaton Kesultanan Ternate, tepatnya di lapangan Ngara Lamo," kata Sukarjan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018