Ambon, 20/4 (Antaranews Maluku) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Jumat, melaksanakan yudisium bagi 97 sarjana hukum (SH) dalam rangka wisuda pada 23 April 2018.

Yudisium saat rapat senat terbuka luar biasa itu dipimpin ketuanya, Dr. Rory Akyuwen, SH.M.Hum yang juga Dekan Fakultas Hukum, dihadiri Wakil Rektor Unpatti Ambon Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudi, SH.M.Hum.

Rory menyatakan, yudisium penting dan bermakna karena merupakan persyaratan akademis sebagai pengakuan almamater terhadap proses perkuliahan yang ditekuni melalui perjuangan melelahkan saat menjadi mahasiswa.

"Saya harus jujur mengakui seorang mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti untuk mengikuti yudisium harusnya memenuhi persyaratan akademika yang melelahkan, makanya tahapan ini penting dan bermakna," ujarnya.

Dia mengakui, Fakultas Hukum Unpatti Ambon saat ini menerapkan metode perkualihan secara profesional dan transparan dengan tidak mengabaikan etika yang menjunjung tinggi senioritas.

"Makanya jangan heran bila kegiatan Fakultas Hukum yang didirikan sejak 62 tahun lalu selalu menghadirkan para sesepuh maupun senior dengan alumni sebagai ikatan moril kepada bunda asuh (almamater) selama menekuni pendidikan," kata Rory.

Dia mengemukakan, Fakultas Hukum Unpatti Ambon yang berakreditasi A saat ini transparan dalam berbagai sektor, terutama keuangan guna mendukung maupun menunjang berbagai program.

Pada tahun anggaran 2018 ini dialokasikan Rp740 juta bagi 60 tenaga pendidik masing - masing Rp12,53 juta untuk melakukan penelitian.

"Jadi tidak alasan lagi bagi para dosen untuk melakukan penelitian karena anggarannya sudah disediakan sehingga tinggal dimanfaatkan seoptimalnya," tandas Rory.

Sedangkan, Wakil Rektor Unpatti Ambon Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudi, SH.M.Hum memotivasi agar sebagai Fakultas tertua di Unpatti haruslah berjuang untuk peningkatan mutu pendidikan menuju Sertifikasi ISO 9001 pada 2018.

"Saya sebagai mantan Dekan Fakultas Hukum Unpatti Ambon bangga bila pada 2018 almamater tercinta berhasil memperoleh Sertifikasi ISO 9001, selanjutnya Sertifikasi internasional pada 2019," katanya.

Yudisium Fakultas Hukum Unpatti Ambon dimanfaatkan juga untuk memberikan penghargaan kepada purna bakhti maupun mahasiswa yang berprestasi di berbagai bidang, baik tingkat regional, nasional dan internasional.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018