Ternate, 21/4 (Antaranews Maluku) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk mendukung pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Maluku Utara (Malut) yang demokratis.

Asisten Setda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemkot Tikep, Muhammad Yasin dalam siaran pers yang diterima Antara, Sabtu, mengatakan, Rakor itu bertujuan untuk memberi peran organisasi kemasyarakatan dalam mendukung suksesnya pilkada di wilayah Malut.

Menurut dia, Rakor ini melibatkan pimpinan partai politik dan peserta rakor yang terdiri dari pimpinan organisasi kemasyarakatan, pimpinan organisasi pemuda/ karang taruna serta tokoh pemuda.

Muhammad Yasin mengatakan pilkada Malut akan berlangsung pada bulan 27 Juni nanti merupakan implementasi dari kedaulatan rakyat, dalam menyukseskan Pilkada mendatang, maka partai politik , Ormas, LSM dan Organisasi Kepemudaan memiliki peran penting dalam mengajak masyarakat untuk memberikan hak suaranya dalam pilkada.

Selain itu, Ormas dan LSM maupun unsur kepemudaan ini bisa menjadi pelopor serta mampu berperan aktif dalam berbagai kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada dan melakukan gerakan moral dalam rangka pencegahan pelanggaran sehingga terwujudnya pilkada yang jujur dan adil.

Muhamammad Yasin menambahkan agar Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Maluku Utara saat ini lebih berkualitas dan lebih baik daei pemilu kepala daerah sebelumnya.

Sehingga, dengan adanya kegiatan seperti ini akan lebih mendorong perkembangan demokrasi sebagai sumber kekuatan politik yang esensial tentunya dengan pendekatan yang tepat.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Machmud Abdullah ketika dihubungi mengatakan tujuan dari Rakor ini agar adanya peran Organisasi Kemasyarakatan,LSM dan OKP dalam membantu menyukseskan pilkada Malut.

Sehingga, dengan adanya peran aktif Ormas dan OKP dalam memberikan pencerahan dan pemahaman yang positif terkait pelaksanaan pilkada Malut tahun 2018.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018