Ambon, 21/4 (Antaranews Maluku) - Fakultas Hukum Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon optimistis meraih sertifikat ISO 9001 pada 2018 sebagai wujud peningkatan kualitas pendidikan.

"Rasanya sertifikat ISP 9001 bisa diraih pada 2018 karena berbagai persyaratannya telah disiapkan sejak dini setelah menerima akreditasi A pada 2006," kata Rektor Fakultas Hukum Unpatti Ambon, Dr.Rory Akyuwen SH.M.Hum, dikonfirmasi, Sabtu.

Bahkan, Fakultas Hukum Unpatti menyelenggarakan Worskhop Peningkatan Mutu Pendidikan Menuju Sertifikasi ISO 9001 di Ambon pada 20-24 November 2017 ini dimentori oleh Drs. Muhammad Rosiawan, M.T. dari The British Standards Intitution (BSI).

"Jajaran pimpinan, staf dan perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum mengikutinya dalam rangka peningkatan standart mutu pendidikan sesuai standart ISO 9001," ujar Rory.

Dia merujuk, hasilnya diterapkan dengan adanya perubahan sistem manajemen serta meningkatnya mutu pendidikan serta terjaminnya kualitas pelayanan yang diberikan Fakultas kepada mahasiswa.

"Kami telah diberitahu bahwa auditor dijadwalkan melakukan audit pada Juli 2018 sehingga telah mempersiapkan berbagai persyaratan maupun ketentuan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001," kata Roy.

Dia mengemukakan, Fakultas Hukum Unpatti Ambon juga menerapkan manajemen transparan, terutama berkaitan dengan keuangan guna mendukung maupun menunjang berbagai program.

Pada tahun anggaran 2018 ini dialokasikan Rp740 juta bagi 60 tenaga pendidik masing - masing Rp12,53 juta untuk melakukan penelitian.

"Jadi tidak alasan lagi bagi para dosen untuk melakukan penelitian karena anggarannya sudah disediakan sehingga tinggal dimanfaatkan seoptimalnya," tandas Rory.

Sedangkan, Wakil Rektor Unpatti Ambon Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudi, SH.M.Hum memotivasi agar sebagai Fakultas tertua di Unpatti haruslah berjuang untuk peningkatan mutu pendidikan menuju Sertifikasi ISO 9001 pada 2018.

"Saya sebagai mantan Dekan Fakultas Hukum Unpatti Ambon bangga bila pada 2018 almamater tercinta berhasil memperoleh Sertifikasi ISO 9001, selanjutnya Sertifikasi internasional pada 2019," tegasnya.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018