Ambon, 23/4 (Antaranews Maluku) - Pemimpin Bank Maumalat (BM) Cabang Ambon Bambang Haryo Nugroho mengatakan hingga hari Jumat (20/4) tercatat sudah 83 orang calon jamaah haji (CJH) asal Maluku yang melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

"Sedangkan sisanya yang berjumlah 52 orang hingga kini belum dapat melunasi," kata Bambang Haryo Nugroho di Ambon, Senin.

Ia berharap para CJH bisa melunasi BPIH dalam sisa waktu yang ditentukan. Pelunasan BPIH tahap pertama terhitung mulai 16 April hingga 4 Mei 2018, sedangkan pelunasan tahap kedua mulai 16 hingga 25 Mei 2018.

Bambang menjelaskan untuk musim haji tahun 2018, bank yang dipimpinnya akan melayani 135 CJH asal Maluku, yang di dalamnya terdapat CJH asal Kota Ambon sebanyak 109 orang, sisanya berasal dari Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Kota Tual.

"Untuk pelayanan para CJH yang melakukan pelunasan, Bank Muamalat Cabang Ambon mengikuti prosedur yang diturunkan Kementerian Agama dari Jakarta yakni dari pukul 10.000 WIT hingga pukul 16.00 WIT," ujarnya.

Jadi waktu pelunasan itu, waktu Ambon pukul 10.00 sampai pukul 16.00 WIT, sebab di Jakarta dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Dia mengatakan para CJH yang sudah melunasi BPIH akan diberikan souvenir sesuai yang ditetapkan pihak Kementerian Agama hingga penyerahan buku manasik.

Sedangkan dari Bank Muamalat sendiri juga memberikan souvenir antara lain payung, tas dan lainnya yang dapat memudahkan para jamaah saat melakukan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

"Jadi setiap CJH yang sudah melunasi BPIH akan diberikan souvenir tersebut baik yang sesuai dengan instruksi dari Kementerian Agama maupun souvenir dari Bank Muamalat sendiri," ujarnya.

Menurut dia, souvenir terutama berupa tas bisa digunakan untuk penyimpanan dokumen-dokumen terkait dengan perjalanan ibadah haji sehingga tersimpan aman hingga selesai haji.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018