Ambon, 25/4 (Antaranews Maluku) - Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika stasiun geofisika Karangpanjang Ambon bekerjsama dengan BPBD provinsi dan Polda Maluku melakukan simulasi penanggulangan pascagempa bumi hebat memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018.

"Polda Maluku menyambut positif kegiatan memperingati HKBN 2018 sehingga kami akan melakukan simulasi mitigasi gempa yang akan dilangsungkan di Markas Polda," kata Kepala BKMG Kota Ambon, Bram Mustamu di Ambon, Rabu.

Menurut dia, dilakukannya kegiatan simulai mitigasi bencana ini mengingat banyak wilayah di Indonesia, termasuk pulau-pulau di Provinsi Maluku yang rawan terjadi bencana alam berupa gempa tetoknik dengan kekuatan dan kedalaman yang bervariatif.

Sehingga kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan guna melatih kesiapan dinas instansi terkait dalam menghadapi bahaya bencana alam yang muncul seketika, sekaligus memberikan edukasi bagi masyarakat untuk selalu waspada dan berupaya mengambil langkah penyelamatan diri.

Staf BMKG Kota Ambon, Luthfi menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan gladi gedung gempa bumi kuat yang akan berlangsung pada Kamis, (26/4) di Kantor Mapolda Maluku.

"Kegiatan gladi gedung di mapolda akan berlangsung pukul 07.30 WIT yang dimulai dengan sosialisasi gempa bumi kemudian dilanjutkan dengan gladi gedung," katanya.

BMKG juga akan melanjutkan kegiatan HKBN bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku sekitar pukul 10.00 WIT berupa uji sirine tsunami di kantor BPBD serta kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Ambon.

"Baik Polda Makuku, BPBD, maupun instansi tekhnis lainnya merupakan bagian dari institusi yang terlibat langsung dan secara aktif dalam membantu masyarakat ketika terjadi bencana alam sehingga kegiatan ini menunjukkan kesigapan pemerintah dalam menanggulangi bencana," ujarnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018