Ambon, 30/4 (Antaranews Maluku) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku kembali melaksanakan kegiatan pengobatan gratis bagi sejumlah masyarakat di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

Antara Ambon yang ikut kegiatan tersebut, Senin, melaporkan, terlihat sejak pagi hari pukul,08.00 WIT warga Dobo yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis yang dilaksanakan Tim ekspedisi dari Bank Indonesia Perwakilan Maluku sudah berada di tenda-tenda yang disediakan Pemda setempat di lapangan sepakbola Yos Soedarso.

Ketua Tim ekspedisi BI Purwanto Worabay mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini akan dilayani oleh Dokter tim yakni dr.Cliffor Nusawakan dari Rumah Sakit Sumber Hidup (Gereja Protestan Maluku) Ambon.

Dia menjelaskan, selain pengobatan gratis dari BI Maluku akan ada juga kegiatan penukaran uang dan sejumlah kegitatan lainnya berupa sosialisasi terkait ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR), pengobatan gratis,dan juga penyerahan bantuan sosial kepada dua sekolah.

Sedangkan uang emisi baru yang disiapkan untuk kegiatan kas keliling sebesar Rp 5 miliar yang dibawa dalam perjalanan kas keliling.

Mernurut Purwanto, kegiatan ini merupakan salah satu upaya BI untuk melaksanakan kewajibannya selaku regulator untuk penyaluran uang kertal di Indonesia.

Karena luasnya wilayah Indoneisa maka rasanya kurang cukup untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang terlayani makanya di bukanya sejumlah kas titipan.

Di Maluku sendiri ada empat kas titipan, tiga ada di wilayah Maluku , sedangkan satu lainnya di Fak-fak, Provinsi Papua Barat, dan ini yang merupakan perwakilan BI.

"Hanya saja waktu berjalan rasanya kurang terjangkau bagi daerah-daerah terluar, daerah yang terpencil, maka dilakukan espedisi untuk menjangkau daerah terluar atau terpencil," ujarnya.

Sedangkan 10 titik yang akan disinggahi tim ekspedisi yakni Dobo, Benjina, Tabarfane, Kalarkalar, Batugoyang, Pulau Enu, Pulau Kultubai, Pulau Penambulai, Pulau Karawai, dan Pulau Arakula, setelah itu kembali ke Ambon.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018