Ternate, 2/5 (Antaranews Maluku) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabuputen Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) berupaya mendorong kesejahtraan nelayan setempat dengan memberikan fasilitas pendukung.

Sekretaris Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Abrar Silia dihubungi dari Ternate, Rabu, mengatakan, dalam rangka mendorong kesejahtraan nelayan di Kabupaten Pulau Taliabu, pihaknya tiap tahun memberikan fasilitas berupa armada 3 GT kepada nelayan.

"Untuk perhatian dinas ke arah itu, salah satunya kita buat armada penangkapan tuna 3 GT," ujar Abrar Silia.

Oleh karena itu, walaupun keterbatasan anggaran, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulau Taliabu berupaya melakukan peremajaan fasilitas Nelayan tiap tahunya dengan menganggarkan pembuatan armada dan fasilitas pendukung penangkapan ikan tuna.

"Walaupun keterbatasan anggaran, kita mampu menggarkan untuk armada 3 GT tahun lalu 25 unit dan untuk tahun 2018 kali ini pihaknya dapat menganggarkan 18 unit armada dilengkapi fasilitas pendukung.

Menurut dia, tahun ini DKP menyiapkan 18 unit armada untuk nelayan Taliabu.

Bantuan armada dan fasilitas pendukung, kata Abrar Silia, dilakukan sebagai upaya untuk pemutakhiran alat tangkap nelayan, mengingat masih banyak yang menggunakan alat tangkap tradisional atau di bawah standar.

Abrar Silia mengakui, DKP Pultab mendapatkan sumber anggaran dari bantuan armada dan fasilitas ini dari DAU dan DAK.

"Sumber anggaran armada dan fasilitas penangkapan lainnya untuk tahun 2016 berasal dari DAU dan DAK, sedangkan untuk tahun 2018 ini berasal dari DAK," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018