Ambon, 8/5 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 3.294 calon mahasiswa dari berbagai kawasan di Maluku mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Negeri (SBMPTN) di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Selasa.

Dipusatkan di auditorium dan 86 ruangan pada sembilan fakultas di Unpatti, para calon mahasiswa menjalani tes SBMPTN sekitar pukul 09.30 WIT.

Diawasi oleh 342 pengawas yang merupakan dosen setempat berstatus pegawai negeri sipil (PNS) golongan III/a, tes dilaksanakan dalam dua jenis, yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sedikitnya ada 3.134 calon mahasiswa baru yang terdaftar menjalani UTBC di Unpatti, sedangkan 160 orang lainnya mengikuti UTBK.

Dijadwalkan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, seleksi calon mahasiswa ini berlangsung dalam tiga tahap, yakni Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD SAINTEK), Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD SOSHUM).

Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), sebelumnya Unpatti telah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), di mana calon mahasiswa yang diterima adalah 50 persen dari total kuota mahasiswa baru.

Berbeda dengan SBMPTN yang harus melalui proses ujian, proses SNMPTN lebih mudah karena calon mahasiswa didaftarkan oleh sekolahnya masing-masing dengan menyertakan dokumen pelengkap, termasuk catatan nilai akademik.

Karena itu, biasanya calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN atau jalur prestasi adalah para pelajar yang berprestasi dalam bidang akademik, kesenian dan olahraga di SMA.

"Karena ini dilaksanakan secara nasional, maka SBMPTN dilangsungkan secara serentak di seluruh PTN di Indonesia pada hari ini," kata Kepala Bagian Akademik Unpatti CH. Pattiruhu.

Dikatakannya, selain SNMPTN dan SBMPTN, proses rekrutmen mahasiswa baru di Unpatti juga dilaksanakan melalui jalur Seleksi Mandiri (SM), pendaftarannya dapat dilakukan secara online via situs resmi Unpatti "pmb.unpatti.ac.id".

Calon mahasiswa baru boleh yang mengikuti jalur SM adalah lulusan SMA atau sederajat yang kelulusannya tidak lebih dari tiga tahun terakhir.

"Seleksi secara mandiri adalah proses seleksi yang dikelola sendiri oleh masing-masing universitas. Bagi calon mahasiswa yang belum lolos di seleksi sebelumnya dapat mengikuti jalur ini," katanya.

Unpatti saat ini memiliki sembilan fakultas untuk program strata satu (S1), yakni Fakultas Teknik, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran.

Berdiri sejak 1962, salah satu jurusan yang terkenal di Unpatti adalah Teknik Perkapalan pada Fakultas Teknik, pembangunan awalnya berasal dari dana bantuan pemerintah Rusia pada masa Presiden Soekarno.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018