Ternate, 16/5 (Antaranews Maluku) - Aktivitas pelayaran dari dan ke Ternate, Maluku Utara (Malut) pada H-1 Ramadan masih terlihat normal, terutama untuk rute Ternate ke berbagai kabupaten/kota di wilayah Malut.

"Sampai saat ini masih dalam kondisi normal menjelang Ramadan, terutama di Pelabuhan Ahmad Yani dan ASDP Ternate," kata Manajer Usaha PT ASDP Ternate, Ali Tamher di Ternate, Rabu.

Menurutnya, untuk Rute Bastiong Ternate -Sofifi 5 trip PP, Bastiong-Ternate 3 trip PP dan Bastiong-Rum 14 trip PP masuk kategori normal dan kalau melebihi trip itu maka masuk dalam skala padat atau sangat padat.

Sebab, dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri nanti, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate menyiapkan tujuh armada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sejumlah kabupaten/kota.

Sehingga, pihaknya telah menyiapkan skenario jika sewaktu-waktu terjadi kepadatan penumpang menjelang Ramadan nanti, akan ada penambahan trip pada lintasan yang terjadi kepadatan.

Sementara itu, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menyiapkan tiga unit kapal dengan tujuan Ternate - Ambon dan beberapa daerah dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada Ramadan tahun ini.

Kepala KSOP Ternate, Iskandar Alam ketika dihubungi mengatakan, saat ini aktivitas pelayaran untuk tujuan Ternate-Sanana misalnya masih terlihat normal.

Dia menyaakan, pihaknya akan mengikuti satu arahan dan sebagai pimpinan di pelabuhan yang akan bertanggug jawab, sedangkan untuk jadwal kesiapan armada akan disesuaikan dengan skedul yang telah disiapkan untuk melintas sesuai dengan rute.

Dia mengaku, aktivitas pelayaran di berbagai kabupaten di Malut sebelum ramadhan dan ini juga akan disampaikan di tingkat daerah masing-masing meskipun terlihat normal.

Dengan harapan, tigkat kesadaran masyarakat yang nantinya menggunakan fasilitas itu agar selalu mengikuti arahan dan peraturan yang ada di kapal.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018