Saumlaki, 5/6 (Antaranews Maluku) - Gerai Rumah Kita di Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang dikelola PT. Pelni dan BUMD Kalwedo Kidabela, menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) untuk masyarakat di daerah itu selama libur lebaran.

"Kita menjamin bahwa selama libur lebaran tahun ini kebutuhan masyarakat akan Sembako tetap tersedia. Saat ini stok terigu, beras, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya masih tersedia meskipun saat ini jumlah pembeli semakin meningkat," kata kepala PT. Pelni Sub Cabang Saumlaki, Obedh Manuhua, di Saumlaki, Selasa.

Ia mengutarakan, semakin tingginya kunjungan masyarakat di Gerai Rumah Kita mempengaruhi stok sembako.

Stok yang semula ditargetkan mampu memenuhi kebutuhan pasar untuk sebulan, nyaris habis terjual. Hal ini disebabkan kualitas sembako yang baik dan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan harga pasar di Saumlaki.
 
Kepala Pelni Saumlaki, Obedh Manuhua (Simon Lolonlun)

Kendati demikian, Gerai Rumah Kita tetap melakukan berbagai langkah untuk mengatasi ketersediaan stok sembako, apalagi jelang hari raya Lebaran pekan depan.

"Dalam beberapa hari ke depan akan ada penambahan tepung dan juga beras. Yang laris saat ini adalah tepung dan bimoli, karena mungkin harga yang kita jual itu relatif murah dari harga pasar di Saumlaki," katanya.

Strategi lain yang dilakukan adalah mengutamakan pembeli eceran, sementara pada akhir Juni barulah dilakukan pelayanan juga terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu disesuaikan dengan pasokan Sembako dari Surabaya yang baru akan tiba di Saumlaki dua pekan mendatang.

Obedh mengakui bahwa saat ini Gerai Rumah Kita belum menjual ayam potong, karena stok ayam potong yang biasanya didatangkan dari Surabaya, terkendala dengan transportasi.

Proses pengiriman ayam potong yang mestinya didatangkan langsung dari Surabaya, akhirnya tersendat karena kapal yang digunakan untuk pemuatan, hanya mengakhiri pelayarannya di pelabuhan Ambon.

"Walaupun demikian, kita telah mencoba untuk menggunakan alternatif lain. Kami pastikan saat lebaran nanti, stok tetap tersedia," pungkasnya.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018