Ambon, 11/6 (Antaranews Maluku) - Lima objek wisata di Maluku masuk nominasi penerima Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kadis Pariwisata Maluku, Habiba Saimima, dikonfirmasi, Senin, membenarkan lima objek wisata di Maluku masuk nominasi API 2018, di mana masyarakat diimbau memberikan dukungan melalui aplikasi yang telah disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Objek wisata tersebut di antaranya desa Hualulu di Kabupaten Maluku Tengah masuk nominasi kampung adat terpopuler, benteng Belgica di Maluku Tengah masuk nominasi situs sejarah terpopuler, wisata Meti Kei di Kabupaten Maluku Tenggara masuk nominasi obyek wisata unik terpopuler, dan Pulau Bair di Kota Tual masuk nominasi tujuan wisata baru terpopuler.
 
Pulau Bair di Kota Tual, Maluku Tenggara (Letty Rettob Blog)

"Jadi masyarakat diberikan kesempatan untuk memilih objek wisata yang berhak menerima penghargaan API 2018 melalui aplikasi API yang sudah disediakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Habiba.

Karena itu, masyarakat Maluku diimbau memberikan dukungan agar objek wisata di daerah ini berhasil meraih penghargaan API 2018.

Dukungan masyarakat merupakan bagian dari upaya mempromosikan objek wisata di Maluku untuk menjaring wisatawatan, terutama mancanegara.

"Pastinya mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara ke Maluku pada 2018 sebanyak 25.000 orang maupun wisatawan nusantara yang 150.000 orang itu terealisasi," kata Habiba.

Pengumuman penghargaan API dijadwalkan pada Oktober atau November 2018.

Maluku pada 2017 menempatkan pulau Banda, kabupaten Maluku Tengah masuk nominasi tempat wisata terpopuler, desa Tanimbar Kei, kabupaten Mauku Tenggara masuk nominasi kampung adat terpopuler dan Petak 10, Kota Ambon masuk nominasi obyek wisata belanja terpopuler.

Kementerian Pariwisata pada API 2018 menetapkan 15 kategori yakni surga tersembunyi terpopuler, obyek wisata bersih terpopuler, situs sejarah terpopuler, makanan tradisional terpopuler, tempat menyelam terpopuler, tempat berselancar terpopuler, atraksi budaya terpopuler, kategori festival pariwisata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, tujuan wisata baru terpopuler, kampung adat terpopuler, minuman tradisional terpopuler, objek wisata belanja terpopuler, objek wisata unik terpopuler dan promosi pariwisata digital terpopuler.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018