Ternate, 21/6 (Antaranews Maluku) - PT ASDP telah memberangkatkan 3.451 penumpang feri rute Ternate-Rum Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada masa angkutan arus balik hingga hari keenam Lebaran 2018.

"Sementara itu jumlah kendaraan yang diangkut hingga H+6 meliputi 1.096 sepeda motor dan 251 mobil," kata Kepala ASDP Ternate Wisnu Tjahjono di Ternate, Kamis.

Wisnu mengatakan, di rute Ternate-Sofifi jumlah penumpang hingga H+1 lalu mencapai 3.998 orang berikut 197 sepeda motor dan mobil.

Di rute Ternate-Sidangoli, katanya, feri telah mengangkut 913 penumpang.

Khusus di rute Bastiong-Sofifi pelayaran ditambah dari empat trip menjadi delapan trip, bahkan di lintasan ini juga disiapkan tambahan satu kapal feri untuk penumpang, sementara untuk kapal feri lainnya disiapkan mengangkut kendaraan dan calon penumpang dari dan ke Ternate, katanya.

Bahkan, para calon penumpang yang berangkat dari Ternate ke ketiga jurusan tersebut hingga kini belum dirinci, tetapi sebagian besar penumpang untuk tujuan Bastiong-Rum Tidore dan untuk kendaraan roda dua sebanyak ribuan unit kendaran.

ASDP Ternate menjamin semua penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan feri melalui Pelabuhan Bastiong tetap terangkut, karena sejumlah kapal telah disediakan sewaktu-waktu kalau terjadi lonjakan penumpang.

Wisnu mengatakan, arus balik melalui Pelabuhan ASDP Bastiong pada H+6 telah normal, tidak terjadi lonjakan penumpang seperti pada arus balik H+3 dan H+4.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018