Ambon, 27/6 (Antaranews Maluku) - Calon Gubernur Maluku Herman Adrian Koedoeboen yang maju melalui jalur perseorangan melakukan pencoblosan pada tempat pemungutan suara (TPS) 13, Desa Halong Kecamatan Baguala, Rabu pagi.

Herman yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Abdullah Vanath dengan jargon "HEBAT" datang ditemani istrinya Juliana H. Notanubun tiba di TPS yang berlokasi di gedung SD Negeri 3 Halong pukul 09.45 WIT.

Keduanya disambut petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan diarahkan untuk mendaftarkan diri dengan menunjukkan surat undangan masing-masing.

Herman didaftarkan oleh petugas dalam daftar hadir dengan nomor urut 10, sedangkan istrinya Juliana Notanubun nomor 11.

Sekitar satu menit kemudian Herman yang juga Inspektur IV pada Kejaksaan Agung dan pernah menjabat Bupati Maluku Tenggara bersama istrinya diberikan surat suara dan dipersilakan ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah itu, Herman bersama istrinya menunjukkan surat suara yang telah dicoblos dan dilipat kepada wartawan yang meliput, kemudian memasukkannya ke dalam kotak suara dan kemudian menyelupkan jari ke dalam botol tinta yang disediakan sebagai bukti telah menyalurkan aspirasi politiknya.

Jumlah pemilih pada TPS 13, Desa halong tempat Herman mencoblos tercatat sebanyak 357 pemilih.

Herman kepada wartawan menegaskan, dirinya bersama calon Wagub Abdullah Vanath serta tim pemenangan, telah bekerja optimal untuk mengikuti kontestasi politik tersebut, serta optimis mendapat dukungan maksimal dari masyarakat.

"Kami sejak awal perjuangan mendapat dukungan dari berbagai kompoen masyarakat melalui pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP) hingga akhirnya ditetapkan sebagai satu-satunya pasangan yang lolos mengikuti pilkada Maluku dari jalur perseorangan. Karena itu saya optimis masyarakat secara luas akan menyalurkan hak suaranya kepada pasangan HEBAT," katanya.

Ditanya kemungkinan potensi kecurangan, herman menyatakan, hingga pencoblosan dirinya belum mendapatkan laporan dari tim pemenangannya.

"Saya berharap seluruh proses pilkada Maluku dapat berjalan lancar dan aman serta bebas dari berbagai bentuk kecurangan, sehingga tidak menciderai proses demokrasi dan pendidikan politik di provinsi tersebut.

Dia juga mengimbau masyarakat selain menyalurkan hak politik hingga selesai pencoblosan dapat mengikuti seluruh proses penghitungan di TPS masing-masing.

"Saya mengajak seluruh masyarakat di Maluku untuk siap menerima kemenangan maupun kekalahan pasangan calon yang dipilihnya, serta tetap menjaga situasi keamanan kondusif serta membangun persatuan persaudaraan sebagai sesama orang Maluku," tandasnya.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018