Ambon, 5/7 (Antaranews Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru menetapkan pasangan calon Murad Ismail - Barnabas Orno dengan jargon "BAILEO" menang di kabupaten tersebut dengan perolehan 39.168 suara atau 65,01 persen.

Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole di konfirmasi, Kamis, membenarkan pasangan BAILEO telah ditetapkan sebagai pemenang dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung Rabu (4/7).

Pasangan petahana Said Assagaff - Anderias Rentanubun dengan jargon SANTUN berada di posisi kedua dengan meraih 15.340 suara atau 25,46 persen, dan pasangan dari jalur perseorangan Herman Koedoeboen - Abdullah Vanath (HEBAT) meraih 5.112 suara atau 8,48 persen.

Jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Buru sebanyak 88.826 orang dan yang menggunakan hak politiknya hanya sebanyak 60.251 orang dan tidak menggunakan hak pilih sebanyak 28.575 orang dengan tingkat partisipasi sebesar 67.83 persen.

Dia mengakui rapat pleno perhitungan berjalan aman dan lancar, tanpa diwarnai keberatan dari saksi ketiga pasangan calon, walaupun ada sejumlah kesalahan yang bisa diperbaiki dan diklarifikasi.

Salah satu masalah yakni penulisan nama pemilih berdasarkan jenis kelamin di dua panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan telah dikoreksi oleh komisioner KPU dan disetujui oleh saksi ketiga pasangan calon.

Pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten juga dihadiri komisioner Bawaslu Buru. "Hasil pleno ini akan dibawah ke KPU Maluku untuk dilakukan rekapitulasi tingkat provinsi," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018