Ambon, 23/7 (Antaranews Maluku) - Harga ikan sembung jenis momar dan kawalinya yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar ikan Arumbay, kawasan pasar Mardika, Kota Ambon, Maluku bergerak turun cukup tajam sejak beberapa hari belakangan ini.

"Sekarang ini lagi musim panen ikan momar dan kawalinya maupun ikan karang lainnya turut mempengaruhi harga jual kepada para pembeli," kata Gaspar pedagang ikan di lokasi pasar Arumbay, Senin.

Para warga yang datang berbelanja tinggal memilih, mau membeli ikan yang mana, lanjutnya, ikan momar harganya Rp10.000/tumpuk (13 hingga 15 ekor ikan ), jumlah ikannya bertambah lebih banyak dibanding dengan kondisi penjualan beberapa hari sebelumnya dimana ikan momar Rp10.000/tujuh ekor ukuran ikan yang sama.

Begitu juga dengan ikan kawalinya yang biasanya dijual Rp20.000/tumpuk (enam hingga tujuh ekor ikan), sekarang Rp20.000/10 hingga 12 ekor ikan ukuran yang sama.

"Jadi terserah, abang mau membeli ikan jenis apa? Momar atau kawalinya tinggal memilih," katanya.

Informasi dari para nelayan, sekarang ini lagi musim panen ikan momar dan kawalinya di semua tempat di perairan Pulau Ambon, jadi ini juga kesempatan bagi para nelayan untuk meraup rejeki.

Rossy, pembeli yang ditemui seusai membeli ikan kawalinya mengatakan, ini kesempatan untuk membeli yang berlebihan, kesempatan harga ikan murah.

"Sudah beberapa hari belakangan ini harga ikan momar dan kawalinya turun tajam, namun tidak mempengaruhi harga ikan cakalang yang dianggap masih mahal," ujarnya.

Sebelum membeli ikan kawalinya, sempat menawarkan ikan cakalang segar ternyata masih mahal juga, yakni Rp40.000 hingga Rp50.000/ekor tergantung ukuran, akhirnya membeli ikan kawalinya yang sekarang ini harganya cukup murah dan segar-segar.

Hasil pantauan di lokasi penjualan telur ayam ras, turunnya harga ikan tidak mempengaruhi harga telur ayam, bahkan sudah mulai bergerak naik rata-rata Rp2.000/butir, telur ayam kampung Rp3.000/butir, daging ayam beku yang dipasok dari Surabaya Rp39.000/Kg, daging sapi segar Rp100.000/Kg,daging ayam broiler segar hasil peternak lokal Rp50.000 hingga Rp55.000/ekor tergantung ukuran, dan daging ayam kampung Rp85.000 hingga Rp90.000/ekor tergantung ukuran.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018