Ambon, 11/9 (Antaranews Maluku) - Kepolisian Daerah Maluku menggelar kegiatan jajar hormat menyambut Irjen Pol Roike Lumowa sebagai kapolda yang baru menggantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang telah mendapat jabatan baru sebagai Kapolda Riau.

"Irjen Pol Roike Lumowa setelah dilantik secara resmi oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjadi Kapolda Maluku pada Jumat, (7/9) maka hari ini telah tiba di Kota Ambon," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Selasa.

Kapolda Maluku yang baru ini bersama istri tiba dari Ternate, Provinsi Maluku Utara setelah mengikuti upacara peringatan Hari Olarharaga Nasional ke-35 di sana.

Menurut dia, kedatangan Kapolda dijemput forkompinda Maluku di antaranya Pangdam XVI/Pattimura, Ketua DPRD Maluku, Kajati, Wakapolda serta seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Para tokoh agama seperti Ketua MUI, Ketua Latupati, tokoh masyarakat, dan pejabat utama Kodam Pattimura juga hadir dalam penyambutan tersebut.

Penyambutan kapolda berupa jajar hormat untuk masuk ke dalam Polda Maluku ini merupakan tradisi atau kebiasan, sedangkan acara pisah sambut akan dilaksanakan pada Senin, (17/9) di Auditorium kampus Unpatti Ambon.

"Beliau sudah laksanakan tugas sebagai Kapolda Maluku dan hari ini akan memberikan arahan kepada seluruh pejabat utama," tandasnya.

Mantan Kakorlantas Mabes Polri ini ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai Kapolda Maluku yang baru menggantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

Penunjukan Kakorlantas Polri sebagai Kapolda Maluku sesuai telegram Kapolri nomor ST/2015/VIII/KEP/2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018