Ternate, 11/9 (Antaranews Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) secara mendadak turun ke Kantor Bea Cukai Ternate untuk melakukan tes urine kepada 20 Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor itu.

Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Dr Benny Gunawan dalam siaran pers yang diterima Antara, Selasa, menegaskan, tes urine ini bukan? bermaksud untuk mencari kesalahan Bea Cukai namun lebih untuk membangun kemitraan dalam mewujudkan ASN sebagai Instansi Vertikal yang bersih dari Narkoba.

Benny menyatakan tes urine di institusi merupakan tanggung jawab BNN dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis BNNP Malut, ke-20 ASN? Beasiswa Cukai ini dinyatakan negatif.

Sebelumnya, kata Benny, pihaknya telah menggandeng ASN di Kota Ternate sosialisasi bahaya narkoba dengan melakukan untuk penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba (Bangwawan).

Dia mengatakan, sosialisasi bahaya narkoba ke para abdi negara ini, karena sejumlah persoalan dibalik maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan strategi terkini yakni relawan anti narkoba sebagai perpanjangan tangan dari BNN dalam mensosialisasikan bahaya dan dampak narkoba.

Selain sebagai penyambung lidah BNNP, para ASN diharapkan juga sebagai informan bagi BNNP dalam mengungkap peredaran narkoba di wilayah Malut.

Untuk itu, dirinya mengingatkan dengan berbagai cara dan strategi, bandar narkoba berusaha meregenerasi pasar, dan untuk hal ini para relawan bisa saja tergoda dengan keuntungan yang menggiurkan bisnis haram ini, sehingga komitmen dan kesadaran penuh dan pengetahuan yang cukup adalah syarat bagi para relawan ini.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018