Ambon, 17/9 (Antaranews Maluku) - Kepolisian Daerah Maluku menggelar pisah sambut atau farawel parade penyerahan pataka Salawaku Emarina yang merupakan lambang kebesaran polda dari pejabat lama Irjen Pol Anda Budhi Revianto kepada Irjen Pol Royke Lumowa sebagai kapolda yang baru.

Penyerahan pataka Salawaku Emarina ini diakukan Irjen Pol Andap Budhi Revianto kepada Irjen Pol Royke Lumowa di auditorium Universitas Pattimura Ambon di Ambon, Senin.

Sejumlah tamu undangan yang hadir dan menyaksikan langsung tradisi penyerahan lambang kebesaran Polda Maluku sekaligus pisah sambut tersebut di antaranya Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahubrua, Pangdam XVI/Pattimura, Rektor Unpatti, Ketua DPRD provinsi, Gubernur Maluku terpilih, dan Wali Kota Ambon.

Serahterima jabatan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sudah berlangsung di Mabes Polri pada 7 September 2018.

Namun Irjen Pol Royke Lumowa yang saat itu menjabat Kakorlantas Mabes Polri sedang menjalankan tugas mengawal pelaksanaan pesta olahraga Asian Games 2018 hingga selesai dan alhamdulilah berjalan aman, ancar, dan tertib, kata Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

Selama menjalankan tugas sebagai Kapolda Maluku lebih dari lima bulan, semangat dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat selalu dikobarkan.

Kapolda Riau ini juga berpesan kepada seluruh jajaran Polri, forkompinda, jajaran TNI maupun seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerah ini tidak saling melupakan, dan sekaligus memohon maaf bila ada kata dan perbuatan yang salah selama menjalankan tugas sebagai Kapolda Maluku.

Sementara Kapolda yang baru, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, acara farawel yang dilakukan Polda merupakan rangkaian seremonial pergantian kepemimpinan kapolda yang secara de yure dan de facto telah dilaksanakan pada 7 September 2018.

"Meski pun bertugas selama lima bulan dan lima hari sebagai Kapolda Maluku, Pak Andap Budhi Revianto menunjukan semangat dan motivasi nesar kepada seluruh jajaran, dan saya hanya melanjutkan tugas serta tanggungjawab yang telah dilakukan pak Andap," tandasnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018