Ternate, 10/10 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 384 personel Polda Maluku Utara (Malut) dikerahkan ke lokasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) pilkada Malut yang berlangsung 17 Oktober di enam desa Kabupaten Halmahera Utara, Kecamatan Sanana dan Taliabu Barat.

"Seluruh personel telah diberangkatkan (10/10) hari ini untuk mendukung pengamanan di lokasi PSU," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Rabu.

Dari 384 personel Polda Malut itu, untuk Kecamatan Sanana dikerahkan 169 personel, Kecamatan Taliabu Barat 116 personel dan enam desa di Kabupaten Halmahera Utara telah diberangkatkan sebanyak 100 personel.

Menurut dia, personel yang dikerahkan ke Kecamatan Sanana dan Kecamatan Taliabu Barat diberangkatkan hari ini (10/10) menggunakan KM Agil Pratama.

"Memang, rencananya personel dikerahkan ke lokasi PSU dengan pola pengamanan satu TPS akan ditempatkan dua personel aparat kepolisian bersama tim pengawas lainnya, sehingga, polda akan intensif melakukan pengamanan dan mengantisipasi adanya kerawanan yang bisa mengganggu stabilitas keamanan sebelum hingga sesudah pelaksanaan PSU," katanya.

Oleh karena itu, kata Hendri, seluruh personel disiagakan ke lokasi PSU untuk membantu Polri dalam memberikan pengamanan pada 17 Oktober nanti.

Sebelumnya, Danrem 152/Babullah Ternate, Kolonel Inf Endro Sutoto ketika dihubungi secara terpisah menyatakan, untuk PSU di Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu akan dikerahkan personel dari Kodim Labuha.

Dimana, untuk enam desa di Kecamatan Kao Teluk, Korem 152/Babullah Ternate akan mengerahkan personelnya di Kodim/Tobelo dan Kota Ternate untuk mendukung pelaksanaan PSU.

Berdasarkan data hasil pleno KPU kabupaten/kota dan KPU Provinsi Malut yang dituangkan dalam berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten (model DB-KWK) dan berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat provinsi (DC-KWK), perolehan suara Paslon Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-RIVAI) 176.993 Suara.

Pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Djamaluddin (BUR-JADI) peroleh 143.414 Suara, Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YA) 169.123 suara serta paslon Muhammad Kasuba-Majid Husen (MK-MAJU) peroleh 65.202 suara.

Adapun jumlah total suara berdasarkan rekapitulasi di tingkat KPUyakni, suara sah sebanyak 554.734, suara tidak sah 7.976, total sauara dan tidak sah 562.710 dengan jumlah DPT 751.432 pemilih.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018