Ambon, 16/10 (Antaranews Maluku) - Kepolisian Daerah Maluku menggelar lomba balap sepeda Tour The Ambon Manise 2018 yang akan diikuti 400 peserta dari dalam dan luar negeri.

"Kegiatan yang akan berlangsung dari 16 - 18 November 2018 ini merupakan sebuah kegiatan penyeimbangan pemilu yang dilakukan oleh Polda," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa di Ambon, Selasa.

Sebagaimana diinstruksikan Kapolri, dalam menghadapi pemilu 2019 seluruh jajaran polda di Indonesia harus melakukan beberapa hal di antaranya cooling system atau sistem mendinginkan situasi, rapat-rapat sinergis, dan deklarasi damai, dimana semua ini akan berlangsung baik dari tingkat provinsi, kabupaten, sampai kecamatan.

"Cooling system menghadapi pemilu 2019 nanti adalah berkaitan dengan suhu politik yang terjadi," ujar Kapolda.

Sehingga setiap polda diharapkan mampu menciptakan cooling system di tengah lingkungan masyarakat yang bersifat sosial atau olahraga sebagai bentuk penyeimbangan Polri di tengan masyarakat.

Menurut Kapolda, Tour Ambon Manise sebenarnya merupakan salah satu bagian dari cooling system tadi yang akan berlangsung selama tiga hari.

Peserta yang akan ikut sebanyak 400 orang dari seluruh Indonesia yang totalnya mencapai 330 orang dan sisanya 70 peserta dari negara luar seperti Norwegia.

Pesertanya bukan merupakan atlet balap sepeda tetapi mereka adalah kelompok pekerja baik dari unsur TNI, Polri, wartawan, pelajar, pegawai swasta, atau pun pegawi bank.

Selain sebagai sistem pendingin situasi, balap sepeda ini juga dijadikan ajang promisi dan memperkenalkan aneka potensi pariwisata daerah.

Polda juga telah berkoordinasi dengan Dinas PU PR Maluku dan Balai Jalan Nasional Wilayah Maluku-Malut untuk proses pengaspalan jalan yang rusak akibat longsor.

Jarak tempuh lomba balap sepeda Tour The Ambon Manise ini adalah 90 Km dengan titik star dari Pantai Natsepa Ambon dan finish di pelabuhan Hitu.

Dari tiga hari lomba balap sepeda, hanya satu hari di Pulau Ambon dan dua hari peserta menghabiskan waktunya di Pulau Seram dengan menyinggahi objek wisata Ora Beach (Pantai Ora) lalu kembali ke pelabuhan penyeberangan Waipirit, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018