Langgur, 18/10 (Antaranews Maluku) - Bantuan bagi korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang terkumpul di Posko Peduli Bencana Bandar Udara Karel Sadsuitubun Maluku Tenggara (Malra) bakal diangkut menggunakan pesawat hercules milik TNI-AU.

"Bantuan masyarakat Kota Tual dan Malra yang terkumpul di posko peduli Bandara Karel Sadsuitubun direncanakan diangkut langsung ke Palu menggunakan pesawat hercules milik TNI-AU", ungkap Kepala Kantor Bandar Udara Karel Sadsuitubun Anwar Hamid di Langgur, Kamis.

Rencana pemberangkatan bantuan masyarakat Kota Tual maupun Malra itu direncanakan hari Jumat (19/10).

Koordinasi sudah dilakukan posko peduli becana Bandara Karel dengan pihak TNI-AU langsung dengan Danlanud Dominicus Dumatubun yang telah memastikan pesawat hercules milik TNI-AU akan tiba besok Bandara Karel Sadsuitubun dan kesediaan pihak militer Indonesia untuk mengangkut bantuan-bantuan tersebut langsung ke Palu.

Bantuan-bantuan sebelumnya sudah dikirim ke Palu dan Donggala, tetapi seluruhnya diangkut menggunakan pesawat milik maskapai komersil yakni Garuda dan Wings Air dimana jumlahnya terbatas sekali angkut.

"Namun dengan memanfaatkan pesawat Herkules milik TNI-AU, kapasitas pesawat cukup besar sehingga seluruh bantuan yang kini ada di posko peduli bencana akan dimuat seluruhnya," kata Anwar.

Ia mengungkapkan, jumlah bantuan yang akan dikirim besok mencapai lebih dari 1 ton, terdiri dari pakaian, bahan makanan dan lainnya.

"Jumlah seluruh bantuan yang telah dikirim lewat posko peduli bencana Bandara Karel Sadsuitubun jika ditambah dengan yang akan dikirim besok mencapai 2 ton lebih," katanya.

"Bantuan yang terkumpul di Posko Peduli Bencana Bandara Karel Sadsuitubun, baik yang sudah dikirim maupun yang akan dikirim, merupakan bentuk kepedulian masyarakat Kota Tual dan Malra atas duka yang dialami masyarakat di Sulteng sehingga hal tersebut patut di apresiasi," tambahnya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018