Ternate, 26/11 (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Taman Laut untuk ditempatkan di Objek Wisata Taman Laut Nukila, salah satu objek wisata bawah laut andalan daerah itu.

"Tugas Satgas Taman Laut di antaranya menjaga kebersihan Objek Wisata Taman Laut Nukila dari sampah," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Senin.

Selain itu, satgas tersebut akan menjaga keamanan Objek Wisata Taman Laut Nukila baik pada sisi laut maupun darat sehingga wisatawan yang berkunjung ke objek wisata untuk menikmati wisata bawah laut, merasa nyaman dan aman.

Ia mengatakan Objek Wisata Taman Laut Nukila berada di pusat kota dan berdekatan dengan pusat keramaian, seperti Mal Jatiland sehingga membutuhkan keberadaan Satgas Taman Laut.

Walaupun di Objek Wisata Taman Laut Nukila nantinya sudah ada Satgas Taman Laut yang bertugas, masyarakat diharapkan berperan aktif menjaga kebersihan dan keamanan di objek wisata itu, misalnya tidak membuang sampah semberangan dan melakukan hal-hal yang dapat memicu keributan.

Untuk mendukung pengembangan Objek Wisata Taman Laut Nukila, menurut Wali Kota, Pemkot Ternate pada 2019 akan membangun berbagai sarana dan prasana penunjang di objek wisata itu, seperti kamar ganti, ruang bilas dan gedung penyimpanan alat selam.

Pemkot Ternate juga akan menyediakan dermaga apung untuk memudahkan wisatawan naik atau turun ke speed boat saat akan pergi atau pulang dari lokasi penyelaman, yang pengadaannya mendapat bantuan dari Pemprov Malut.

Ia menambahkan Pemkot Ternate bersama berbagai pihak terkait, seperti TNI AL dan komunitas selam di daerah ini akan terus melakukan kegiatan rehabilitasi terumbu karang yang rusak di perairan Taman Laut Nukila, seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu dalam rangkaian peringatan HUT TNI.

Objek wisata bawah laut lainnya di Ternate yang juga diandalkan untuk menarik kunjungan wisatan ke daerah ini adalah di perairan Sulamadaha, perairan Pulau Moti dan perairan Pulau Hiri.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018