Ternate, 21/12 (ANTARA News) - Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Burhan Abdurahman secara mendadak menginspeksi Pasar Higienis untuk mengecek harga sembilan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

Wali kota Ternate Burhan Abdurahman di Ternate, Jumat, mengatakan, hanya, harga telur, ikan, bawang merah yang naik, yang lain dari itu masih stabil seperti biasa dan stoknya memadai.

"Harga ikan naik sedikit, sebab cuaca buruk," katanya.

Burhan menyatakan, pasokan ikan dari nelayan Ternate berkurag, tepai di pasar masih banyak karena ada yang didatangkan dari luar kota.

Pasoklan telur ke Ternate 20 ribu butir per hari dan sebagian didistribusikan pedagang ke Tidore, Sofifi, dan daerah lain.

"Pedagang sudah tahu, ketika sudah mendekati hari besar maka pedagang memesan dari awal sehingga pada pekan terakhir menjelang Tahun baru mereka sudah siapkan," katanya.

Harga bawang merah kini naik menjadi Rp40 ribu/kg, dibandingkan bulan November hanya Rp35 ribu, tomat Pp14 ribu/kg padahal bulan kemarin Rp10 ribu, telur Rp1.900-Rp2000/butir sedangkan pada November Rp1600-Rp1800, semendata daging sapi masih stabil Rp110.000 per kg.

Dalam sidak itu, Wali Kota Ternate didampingi Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda, Dandim 1501/Ternate, Letkol Kav Bambang Sugiyarta, bersama pimpinan OPD terkait dan Tim Pengendali anInllasi Daerah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018